Rudy Gay Bergabung dengan Tim Basket AS

Sabtu, 9 Agustus 2014 10:15 WIB
Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

Chairman tim basket AS, Jerry Colangelo, menerima telepon pada Kamis (07/09/14) waktu AS, setelah Kevin Durant memastikan mundur tim yang disiapkan untuk Piala Dunia Basket Spanyol 2014 mulai 30 Agustus mendatang.

Colangelo diberi informasi kalau Guy bersedia masuk tim basket AS, kalau dia dan Pelatih Mike Krzyzewski memberikan lampu hijau.

"Kami berdua merasa bergabungnya dia akan jadi sesuatu yang berharga dan faktanya dia tak asing dengan program tim nasional basket kami," ujar Colangelo yang dilansir AP, Sabtu pagi WIB. "Rudy adalah anggota skuad penting tim basket AS sejak 2005 dan kontribusi dia luar biasa pada Piala Dunia Basket 2010. Kemampuannya akan sangat menyeimbangkan tim basket AS."

Gay adalah forward Sacramento Kings. Dia tampil dalam sembilan laga AS pada Piala Dunia Basket 2010. Berstatus sebagai pemain cadangan, Gay mampu menyumbangkan rerata 7.0 angka. Gay juga bergabung dengan tim basket AS untuk Olimpiade London 2012 pada saat paling terakhir.

Kini, skuad AS kembali berjumlah 16 pebasket. Mereka melanjutkan pemusatan latihan di Chicago. Skuad itu akan diciutkan menjadi terakhir 12 pemain.

"Saya sangat senang bisa sekali lagi terpilih menjadi bagian tim basket AS dan itu sudah jadi semacam tradisi," tukas Gay. "Saya tak sabar bergabung dengan rekan-rekan di Chicago dan bekerja keras untuk memastikan medali emas untuk AS di Spanyol nanti."

Gay membukukan rerata 20 angka untuk Kings dan Toronto Raptors pada NBA musim lalu. Pria berpostur 191 sentimeter itu sangat berguna untuk tim basket AS, karena dia dapat bermain pada kedua posisi forward, di mana Kevin Durant dan Paul George bermain. Secara berurutan sebelyumnya, Durant dan George telah menyatakan mundur dari tim basket AS dengan alasan berbeda.