Piala Dunia Basket 2014

Spanyol Hantam Serbia 89-73

Jumat, 5 September 2014 09:00 WIB
Editor: Daniel Sasongko
© GETTY IMAGES
Pebasket andalan Spanyol, Pau Gasol (nomor 4), menjadi bagian penting timnya saat melibas Serbia 89-73 dalam laga terakhir penyisihan grup PD Basket 2014 di Granada, Spanyol, Kamis (04/09/14). Copyright: © GETTY IMAGES
Pebasket andalan Spanyol, Pau Gasol (nomor 4), menjadi bagian penting timnya saat melibas Serbia 89-73 dalam laga terakhir penyisihan grup PD Basket 2014 di Granada, Spanyol, Kamis (04/09/14).

Itu adalah kemenangan beruntun kelima tim basket Negeri Matador dalam ajang empat tahunan ala Asosiasi Internasional Basket Dunia (FIBA). 

Gasol yang juga pebasket Chicago Bulls itu menjadi bagian penting Spanyol, dengan memberi kontribusi 14 angka pada paruh pertama dan membuat Spanyol unggul 19 angka atas Serbia.

Tuan rumah tim basket La Roja pun melaju ke babak 16 besar dengan status sebagai juara grup. Padahal, Spanyol bergabung dengan Juara Eropa Prancis, Brasil yang diperkuat tiga center NBA, dan Serbia yang jadi kuda hitam basket Benua Biru.

Namun, Spanyol berhasil melewati ketiga tim itu. Brasil dihantam dengan selisih 19 angka, Prancis dihajar dengan keunggulan 24 poin, dan kini Serbia dilibas dengan kemenangan berselisih double-digit setelah delapan menit pertandingan.

Selain Gasol, Juan Carlos Navarro menjadi penyumbang angka terbanyak kedua Spanyol dengan koleksi 15 angka. Di pihak lawan, Serbia mendapatkan sumbangan angka terbanyak justru dari pebasket cadangan, Nemanja Njelica. Dia melesakkan lima tembakan tiga angka dan menjadi top scorer dengan koleksi total 19 angka.

Laga itu memanas setelah pada semenit terakhir Pelatih Serbia, Sasha Djordjevic, dikeluarkan dari pinggir lapangan setelah menerima dua technical foul. Dua pelatih Spanyol, Juan Orenga dan Rubio, juga mendapatkan pelanggaran teknis.

"Para pemain saya telah bersiap. Dengan Senegal, kami akan melaju ke babak hidup mati," tegas Oranga yang dikutip AP.

Benar, Spanyol didampingi Senegal sebagai dua wakil Grup A. Kedua tim itu akan terbang ke Madrid di mana babak 16 besar PD Basket 2014 bakal dimulai pada Sabtu (06/09/14).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%