SEABA Championship 2017

Taklukkan Singapura, Indonesia di Puncak Klasemen SEABA

Jumat, 12 Mei 2017 19:42 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© fiba.com
Mario Wuysang menjadi motor Timnas Basket Indonesia saat menghadapi Siangpura di SEABA Championship 2017. Copyright: © fiba.com
Mario Wuysang menjadi motor Timnas Basket Indonesia saat menghadapi Siangpura di SEABA Championship 2017.

Timnas basket putra Indonesia berhasil menaklukkan Singapura pada laga perdana di ajang  SEABA Championship 2017. Indonesia menang 71-50 dalam laga yang berlangsung di Smart Araneta Coliseum, Manila, Filipina tersebut.

Point guard CLS Knights Surabaya, Mario Wuysang menjadi bintang dengan torehan 20 poin, empat rebound dan tiga assists.

Tim Merah Putih tampil meyakinkan dengan menerapkan pola menekan sejak awal pertandingan. Pada kuarter pertama, anak-anak asuh Wahyu Widayat Jati unggul 18-3. Mereka masih tak terbendung di kuarter kedua hingga menutup halftime dengan keunggulan 40-11.

© fiba.com
Situasi pertandingan Indonesia melawan Siangpura. Copyright: fiba.comChristian Ronaldo Sitepu dalam pertandingan Indonesia vs Singapura di SEABA Championship 2017.

Pada kuarter ketiga dan keempat, Singapura mencoba bangkit. Namun serangan yang dimotori Larry Liew tersebut tak mampu merubah hasil akhir.

Wahyu Widayat Jati menyambut senang keberhasilan ini. Ia mengapresiasi para pemain yang tampil optimal meski masih dalam kondisi kelelahan pasca gelaran Indonesian Basketball League (IBL). Mereka juga hanya menjalani satu kali latihan, itu pun dengan skuat pemain yang tak lengkap.

"Saya bangga dengan tim karena bisa bermain baik di tengah segala keterbatasan ini," kata pelatih yang akrab disapa Cacing tersebut.

Kemenangan ini membuat Indonesia menduduki posisi puncak klasemen sementara SEABA Championship 2017. Selanjutnya, pada Sabtu (13/05/17) besok, Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia.