NBA

10 Pemain NBA dengan Gaji Tertinggi di Musim 2017/18

Selasa, 26 September 2017 15:43 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kiri-kanan: LeBron James, Paul Millsap, dan Stephen Curry. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kiri-kanan: LeBron James, Paul Millsap, dan Stephen Curry.

Musim reguler NBA 2017/18 akan mulai bergulir pada 17 Oktober mendatang. Sebelum memulai musim baru, sejumlah klub berlomba menaikkan bayaran pemain masing-masing dan menawari perpanjangan kontrak guna mengikat sang pemain kesayangan.

NBA pun menetapkan pembatasan total nilai gaji dalam sebuah tim yang selalu naik di setiap musimnya. Contohnya pada musim lalu, pembatasan nilai gaji atau biasa disebut salary cap dipatok sebesar 94 juta dolar AS (Rp1,2 triliun). Di musim ini, salary cap bernilai 99 juta dolar AS (sekitar Rp1,3 triliun).

Di musim 2016/17 lalu, Kevin Durant mencatat gaji tertinggi dengan 25,6 juta dolar AS. Namun di musim ini, ia hanya mendapat 25 juta dolar. Alhasil pemain Golden State Warriors ini hanya bertengger di peringkat ke-16 dari daftar pemain bergaji tertinggi musim ini.

© bleacherreport.com
LeBron James dan Kevin Durant. Copyright: bleacherreport.comLeBron James dan Kevin Durant.

Di posisi puncak pemain bergaji tertinggi musim ini, megabintang NBA seperti LeBron James dan Stephen Curry bersaing ketat. Curry yang membawa Golden State Warriors menjadi juara musim lalu memang pantas diganjar kontrak dengan nilai selangit dan gaji besar di musim baru ini.

Berikut 10 pemain NBA dengan gaji tertinggi musim 2017/18:

10. DeMar DeRozan (Toronto Raptors)

Pemain berposisi shooting guard ini dalam musim 2017/18 digaji sebesar 27,739 juta dolar AS, atau sekitar 371 miliar jika dirupiahkan. Bayarannya naik dari 25,6 juta dolar pada musim lalu.

9. James Harden (Houston Rockets)

Dengan bayaran 28,299 juta dolar AS (sekitar 378 miliar rupiah), ia menempati posisi kesembilan. Di musim lalu, ia sama-sama mendapat gaji 25,6 juta dolar seperti DeRozan.

8. Russell Westbrook (Oklahoma City Thunder)

© Matthew Stockman/Getty Images
Russell Westbrook (Oklahoma City Thunder). Copyright: Matthew Stockman/Getty ImagesRussell Westbrook (Oklahoma City Thunder).

Pemain yang bertahan di Oklahoma sejak 2008 ini mendapat bayaran sebesar 28,530 juta dolar AS (Rp381 miliar). Rasanya pantas saja Westbrook masuk dalam daftar pemain dengan gaji tertinggi. Pasalnya pada musim 2016/17, pemain 28 tahun ini terpilih sebagai Most Valuable Player dan tercatat sebagai pencetak triple-double terbanyak dalam satu musim.

7. Mike Conley (Memphis Grizzlies)

Putra dari juara olimpiade cabang atletik Mike Conley Sr ini mendapat jumlah gaji yang sama persis dengan Russell Westbrook, yakni senilai Rp381 miliar. Pencapaian paling menterengnya di musim lalu barangkali saat ia melewati rekor Mike Miller sebagai pencetak three point terbanyak dalam sejarah NBA saat laga kontra New Orleans, Februari silam. Conley juga menjadi pemain bergaji tertinggi di klubnya saat ini.

6. Kyle Lowry (Toronto Raptors)

Pemain 31 tahun ini menerima gaji sebesar 28,703 juta dolar AS (sekitar Rp383 miliar). Lowry menjadi pemain Raptors dengan gaji tertinggi musim ini, mengalahkan DeMar DeRozan. Pada Juli lalu, ia meneken perpanjangan kontrak bersama klubnya untuk tiga tahun ke depan senilai 100 juta dolar AS.

5. Blake Griffin (Los Angeles Clippers)

Pemain paling berharga di LA Clippers ini diganjar 29,512 juta dolar AS (sekitar Rp394 miliar). Meski belum bisa membawa timnya lolos ke semifinal konferensi wilayah barat musim lalu, Griffin tetap diberi perpanjangan kontrak lima tahun dengan nilai 173 juta dolar AS.

4. Gordon Hayward (Boston Celtics)

Pada 14 Juli lalu, Hayward resmi meninggalkan Utah Jazz dan bergabung dengan Celtics. Ia terikat kontrak empat tahun senilai 128 juta dolar AS. Musim ini, ia langsung mendapat bayaran tertinggi di klub Celtics dengan 29,727 juta dolar AS, atau sekitar Rp397 miliar.

3. Paul Millsap (Denver Nuggets)

Millsap baru saja didatangkan dari klub Atlanta Hawks bulan Juli kemarin. Ia langsung mendapat bayaran 31,269 juta dolar AS atau sekitar Rp418 miliar di musim ini. Pemain 32 tahun ini bertekad membawa Nuggets menembus babak playoff dan bersaing untuk gelar juara.

2. LeBron James (Cleveland Cavaliers)

Pemilik empat gelar MVP NBA ini menerima gaji sebesar 33,285 juta dolar AS, atau sekitar Rp445 miliar musim ini. Dengan rata-rata 33,6 poin, 12 rebounds, dan 10 assists per laga, James menjadi pemain pertama yang mencatat rata-rata triple double dalam laga final, meskipun Cavaliers kalah dalam perebutan gelar juara dari Golden State Warriors.

1. Stephen Curry (Golden State Warriors)

© INDOSPORT
Stephen Curry membawa trofi NBA setalah timnya berhasil menang melawan Cleveland Cavaliers. Copyright: INDOSPORTStephen Curry membawa trofi NBA setalah timnya berhasil menang melawan Cleveland Cavaliers.

Point guard Warriors ini dibayar 34,682 juta dolar AS (Rp 464 miliar) musim ini. Ia memainkan peran sentral dalam membawa klubnya menjadi juara NBA musim 2016/17. Maka dari itu, Curry menandatangani perpanjangan kontrak hingga musim 2021-2022 senilai 201 juta dolar AS pada 25 Juli lalu. Ia pun menjadi pemain NBA pertama yang teken kontrak "supermax" atau kontrak yang memiliki nilai lebih dari 200 juta dolar.