Kalahkan India, Indonesia Raih Medali Emas di Test Event Basket

Senin, 12 Februari 2018 23:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Basket Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Basket Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Timnas basket putra Indonesia berhasil meraih medali emas pada ajang test event Asian Games 2018, Senin (12/02/18) di Hall A Basket, Senayan, Jakarta usai mengalahkan India di babak final dengan skor 78-68.
Pertandingan sejatinya berlangsung ketat tiap kuarternya, namun tuan rumah tampil lebih baik ketimbang saat bertemu tim yang sama pada babak penyisihan, Jumat (09/09/18) lalu.

Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal pertandingan dan hal itu terbukti efektif setelah anak asuh Fictor Roring mampu unggul tipis 21-20 pada akhir kuarter pertama. Hal itu semakin meningkatkan kepercayaan diri para pemain Indonesia sehingga berdampak langsung pada kuarter kedua saat tim Merah Putih bisa menjaga selisih poin yang cukup jauh yakni 39-30. 

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Andakara Prastawa berhasil menerobos defense India. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAndakara Prastawa berhasil menerobos defense India.

Unggul di dua kuarter awal tak lantas membuat Indonesia terlena. Sebaliknya Jamarr Johnson dan kawan-kawan semakin tenang dalam bermain dan bisa mengontrol laga serta enutup kuarter ketiga dengan skor 58-45. Sementara itu, India yang terus tertinggal berusaha bangkit pada kuarter terakhir. Usaha itu nampaknya membuahkan hasil ketika tim tamu sempat memangkas selisih poin menjadi lima angka.

Keadaan itu lantas memacu semangat para pemain Indonesia untuk kembali tampil spartan dan menutup laga dengan kemenangan 78-68.

Shooting guard Indonesia, Andakara Prastawa menjadi bintang dalam kemenangan laga malam ini dengan raihan 18 poin yang sekaligus membawanya menjadi pencetak angka terbanyak di laga ini.  Sedangkan dari kubu India,  Aravind Annadurai terlihat sangat dominan dalam permainan setelah mampu mencetak 25 angka dan 19 rebound. 

Usai laga, pelatih Timnas Indonesia, Fictor Roring mengatakan ia cukup senang dengan permainan tim hari ini. Malam ini anak asuhnya tampil ngotot dan bisa membalikkan keadaan setelah di laga dua hari lalu Indonesia dikalahkan India.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jamarr Johnson berusaha menjaringkan bola. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTJamarr Johnson berusaha menjaringkan bola.

"Lumayan hari ini bisa nyenangin masyarakat dengan raihan medali emas di ajang test event. Saya rasa tanpa dukungan semua pihak, kita tak bisa tampil baik dibanding dua hari lalu. Anak-anak semangatnya luar biasa sejak tadi malam, aura untuk menang sangat luar biasa baik di dalam maupun luar lapangan," ujarnya seraya tersenyum.

"Semua staf mengerjakan dengan baik buat evaluasi, kemudian kita cari kelemahan setelah kekalahan pertama dan kita lakukan perubahan dan hasilnya cukup bagus. Pemain juga tahu mereka harus gimana di lapangan," tutupnya.

Ajang test even menuju Asian Games ini diikuti empat negara yakni Indonesia. India, Thailand dan Timor Leste. Medali perunggu sukses didapatkan Thailand usai mengalahkan Timor Leste dengan skor 139-76. Dua tim ini bertemu dikarenakan masing-masing menempati ketiga dan keempat di babak penyisihan yang diadakan sejak tanggal 8 sampai 11 Februari.