Kalah Tipis dari China, Aksi Clarkson Tetap Dipuja Penggemar Filipina

Rabu, 22 Agustus 2018 19:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Jordan Clarkson, pemain Cleveland Cavaliers yang akan tampil bersama timnas basket Filipina di Asian Games 2018. Copyright: © Getty Images
Jordan Clarkson, pemain Cleveland Cavaliers yang akan tampil bersama timnas basket Filipina di Asian Games 2018.

INDOSPORT.com – Tim Gilas Filipina dan Jordan Clarkson tetap mendapatkan pujian dari para penggemar dan media meskipun kalah tipis dari China di pertandingan grup basket Asian Games 2018.

Semua orang di Filipina menyerukan pujian yang sama atas debut bintang NBA Jordan Clarkson untuk Gilas, meskipun mereka dikalahkan oleh China dengan skor 80-82 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Selasa (21/08/18) malam.

Pemain Cleveland Cavaliers itu mencetak 28 poin dan membawa tim hampir menang, namun dia harus keluar setelah mengalami kram kaki menjelang akhir pertandingan.

Kekalahan tersebut membuat mereka berada di urutan kedua grup, dengan apabila China mengalahkan Kazakhstan.

Meskipun gagal, penampilan Clarkson tetap memukau segenap warga Filipina yang menyaksikan pertandingan tersebut, sebagaimana dilansir South China Morning Post.

Seorang wartawan bola basket dan tokoh TV Filipina populer, TJ Manotoc, menulis di akun Twitternya, “Ini sebuah ledakan untuk ditonton! Mengingat ini pertandingan pertama Clarkson dengan tim yang diundi kurang dari 2 minggu lalu dan hampir mengalahkan China, WOW! Jalan masih panjang di turnamen ini. Harus menyenangkan!”

Filipina awalnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari Asian Games akibat 10 pemain mereka yang kena skors badan dunia FIBA lantaran terlibat dalam perkelahian dengan Australia selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia.

Namun FIBA memutuskan menarik larangan tersebut, dengan banyak pemain inti yang menyatakan belum siap. Clarkson sementara itu menghadapi larangan oleh NBA, namun akhirnya diijinkan untuk tampil beberapa hari sebelum turnamen di mulai.

Filipina berpeluang bertemu dengan China yang meraih medali perak di Incheon jika mereka lolos dari pertandingan sistem gugur nanti, sementara mereka juga akan menghadapi Korea Selatan yang menjadi juara bertahan nantinya.

Hal ini diungkapkan oleh Chuck Araneta, jurnalis basket Filipina, “Meskipun kalah, tim masih ada, masih berjuang. Jalan meraih medali bisa jadi sulit, apalagi ada skuat papan atas Korea Selatan. Clarkson punya banyak waktu untuk pulih, berkembang dan akrab dengan rekan setimnya. Chemistry dan keberlanjutan akan menjadi lebih baik.”

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT