Legenda NBA Kunjungi Korea Utara, Ada Apa?

Sabtu, 13 Oktober 2018 14:56 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan bintang NBA sekaligus presiden Asosiasi Bola Basket China, Yao Ming berkunjung ke Korea Utara untuk misi mulia. Apa itu?

Mantan pemain NBA Yao Ming terbang ke  ibu kota Korea Utara, Pyong Yang minggu ini sebagai delegasi dari China. Pemain bertinggi 2,29 meter ini menghadiri laga persahabatan antara China dan Korea Utara pada hari Kamis (11/10/18). Laga ini menandai kembali menghangatnya hubungan kedua negara.

Laga persahabatan ini ditonton oleh Menteri Olahraga China, Gou Zhongwen dan Choe Ryong Hae, salah satu orang kepercayaan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Kim sendiri tidak hadir dalam acara tersebut. Setelah pertandingan, mantan pemain Houston Rockets ini juga berfoto dengan para pemain China dan Korut demikian menurut laporan yang dilansir laman berita olahraga New Straits Times.

Hubungan kedua negara mengalami pasang dan surut dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya karena dipicu aksi China yang mendukung sanksi PBB untuk menghukum Korea Utara atas aktivitas nuklirnya. Hubungan mulai membaik setelah Kim bertemu Presiden China, Xi Jinping sebanyak tiga kali di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Dan meskipun presiden China belum membalas kunjungan Kim, presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan Xi akan segera berkunjung ke negeri komunis tersebut.

Yao Ming, yang merupakan salah satu pemain basket tertinggi sedunia, telah menjadi duta global untuk olahraga selama delapan musimnya di NBA. Dia dipaksa untuk pensiun karena cedera kaki yang beberapa kali menimpanya. Kini, Yao menjadi kepala Asosiasi Bola Basket Cina.

Ikuti Terus Perkembangan Terbaru Berita Sports Hanya di INDOSPORT.COM