Granny Style, Teknik Lemparan Basket Paling Efektif tapi Terlihat Bodoh

Sabtu, 2 Februari 2019 15:20 WIB
Penulis: Daniel Ramos Putra | Editor: Arum Kusuma Dewi
© The Olympians
Rick Barry saat melakukan lemparan granny style. Copyright: © The Olympians
Rick Barry saat melakukan lemparan granny style.

INDOSPORT.COM - Bagi pecinta komik asal Jepang, Slam Dunk, tentu mengenal Hanamichi Sakuragi. Tokoh utama dalam komik Slam Dunk tersebut kerap menggunakan teknik yang ukup unik ketika melakukan free throw.

Salah satu teknik yang digunakan Hanamici adalah granny style di mana teknik ini diadopsi dari salah satu pemain basket NBA bernama Rick Barry.

Di balik ketenaran granny style, rupanya teknik ini tidak banyak disukai bahkan ditiru oleh para pemain basket. Alasannya karena teknik ini dianggap sebagai teknik yang terlihat bodoh. Dengan melempar menggunakan kedua tangan dari bawah ke atas, teknik ini terlihat sangat tidak elegan atau tidak keren.

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara memantulkan bola sebanyak tiga kali ke lapangan lalu menekuk lutut dan menembak.

Cara menembak yang digunakan dalam granny style yaitu melempar dengan kedua tangan. Bedanya dengan teknik biasa, lemparan ini dilakukan dari tengah kedua lutut sementara lemparan biasa dilakukan dari depan kepala.

Walaupun teknik lemparan granny stlye ini dianggap tidak keren dan elegan ternyata ada fakta mencengangkan di balik granny style ini.

Presentase menunjukkan bahwa Rick Barry mampu mencetak presentase memasukkan bola melalui free throw dengan teknik ini mencapai 89,99 persen. Angka ini sangat fantastis jika dibandingkan melempar dengan menggunakan teknik biasa.

Presentase ini juga tercatat dalam buku sejarah milik NBA menjadi presentase free throw tertinggi setelah Rick Barry memutuskan pensiun pada 1980. Namun sebelum mencetak prestasi ini, Barry perlu berhadapan dengan rekan setimnya di mana ia harus menerima cemoohan bahwa lemparannya terlihat seperti banci.

"Satu alasan teknik ini jarang dipraktikan karena masalah sosial dan budaya," ucap Barry dikutip dari The Guardian.

Bukan semata-mata karena memiliki presentase tinggi dalam mencetak poin, teknik ini juga pernah diteliti dan dimasukkan kedalam jurnal Royal Society Open Science.

Jurnal ini menyebutkan bahwa granny style jika dilakukan dengan teknik yang benar maka memiliki peluang bola masuk ke dalam ring lebih besar dibandingkan lemparan biasa.

Ikuti Terus Perkembangan NBA Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM