2 Masalah Menimpa Timnas Basket Indonesia di Pelatnas SEA Games 2019

Rabu, 12 Juni 2019 19:26 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Instagram/FIBA Asia Cup
Timnas Basket Indonesia di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Copyright: © Instagram/FIBA Asia Cup
Timnas Basket Indonesia di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

INDOSPORT.COM - Timnas Basket Indonesia mengalami kendala saat pemusatan latihan jelang SEA Games 2019. Mulai dari pemain yang kegemukan, dan pemain yang cedera. 

SEA Games ke-30, atau SEA Games 2019 akan dihelat di Manila, Filipina, 30 November hingga 10 Desember mendatang. Indonesia menjadi salah satu negara peserta SEA Games 2019. 

Sejumlah cabang olahraga pun sudah melakukan persiapan jelang SEA Games 2019. Salah satu cabor yang sudah melakukan pemusatan latihan jelang SEA Games 2019 adalah Basket. 

Timnas Basket Indonesia sudah mulai melakukan pemusatan latihan sejak Senin (10/06/19) di GOR Soemantri, Kuningan, Jakarta. PB Perbasi memanggil 15 pemain untuk mengikuti seleksi SEA Games 2019, serta ditambah satu pemain muda berusia 16 tahun. 

Ternyata, seleksi yang dilakukan Timnas Basket Indonesia mengalami 2 hambatan. Hambatan apa yang menimpa seleksi Timnas Basket Indonesia?

Pemain Kegemukan

Tahap awal dari seleksi dan pemusatan latihan ini adalah tes fisik dan latihan individu. Dari tes fisik tersebut muncullah sebuah masalah. 

Ada beberapa pemain yang ternyata kelebihan berat badan atau kegemukan. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh pelatih Timnas Basket Indonesia, Wahyu Widayat Jati

"Karena kebanyakan liburan saya surprise pemain Timnas banyak yang tidak sesuai harapan," kata pelatih yang akrab disapa Cacing itu dilansir dari Tempo

"Pertama mereka over weight, kedua secara strenght mereka jauh sekali."

Ada sekitar 5-6 pemain yang mengalami masalah berat badan berlebih, diantaranya adalah Kaleb Ramot Gemilang, Yanuar  Dwi Prasmono, dan Tri Hartanto. 

"Saya tidak mikir. Saya makan semua masakan mama, sedikit lagi satu kuintal," kata Kaleb Ramot Gemilang soal berat badannya yang naik dari 92 kg ke 97 kg.  

2 Pemain Cedera

Selain masalah kelebihan berat badan, pada hari pertama seleksi ternyata ada dua pemain yang kondisinya cedera. Kedua pemain tersebut adalah Adhi Pratama Putra dan Arki Dikania Wisnu. 

Dari pemeriksaan yang dilakukan dokter, Adhi Pratama mengalami cedera lutut. Sedangkan Arki Dikania Wisnu mengalami nyeri di telapak kaki. 

Dua pemain langganan Timnas Indonesia sejak SEA Games 2017 itu menambah daftar pemain Timnas Basket yang cedera. Sebelumnya, pemain naturalisasi Jamarr Johnson mengalami cedera achilles saat membela Satria Muda di IBL 2018/19. 

Untuk Adhi Pratama dan Arki Dikania Wisnu, sudah didapatkan penggantinya. Sistem promosi-degradasi ini akan terus diterapkan hingga batas waktu pendaftaran pemain ke SEA Games 2019 berlangsung. 

"Mereka diganti Tri Hartanto dan David Nubuan," ujar pelatih Timnas Basket, Wahyu Widayat Jati. 

Sementara itu, cederanya Jamarr Johnson membuka kesempatan bagi penggawa CLS Knights, Maxie Eshio, yang mengaku siap untuk dinaturalisasi oleh Timnas Basket Indonesia jelang SEA Games 2019 dan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. 

Berikut deretan nama yang mengikuti seleksi Timnas basket ke SEA Games 2019:

1. Arki Dikania Wisnu (Digantikan Tri Hartanto
2. Adhi Pratama (Digantikan David Liberty Nuban)
3. Arif Hidayat
4. Hardianus Lakudu
5. Indra Muhammad
6. Juan Laurent Kokodiputra
7. Kaleb Ramot Gemilang
8. Kelvin Sanjaya
9. Mei Joni
10. Muhammad Arighi
11. M. Hardian Wicaksono
12. M. Reza F. Guntara
13. M. Rizal Falconi
14. Widyantaputra Teja
15. Yanuar Dwi Priasmoro.

Pemain muda :
16. Derick Michael 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%