Indonesia Jadi Tuan Rumah Seleksi Kejuaraan Dunia Junior NBA Asia-Pasifik

Rabu, 19 Juni 2019 02:43 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© jrnba.asia
Kamp penyisihan Kejuaraan Dunia Junior NBA 2019, Jakarta. Copyright: © jrnba.asia
Kamp penyisihan Kejuaraan Dunia Junior NBA 2019, Jakarta.

INDOSPORT.COM - Indonesia menjadi lokasi kamp penyisihan Kejuaraan Dunia Junior NBA 2019. 68 peserta dari 10 negara di Asia-Pasifik mengikuti seleksi ini. 

Kejuaraan Dunia Junior NBA kembali berlangsung di tahun 2019 ini. Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019 akan berlangsung pada 6-11 Agustus 2019 di ESPN Wide World of Sport Complex, Floria, Amerika Serikat. 

Sebelum Kejuaraan Dunia Jr. NBA dimulai, terlebih dahulu diadakan kamp penyisihan di regional termasuk Asia-Pasifik. Untuk kamp penyisihan Kejuaraan Dunia Jr.NBA Asia-Pasifik, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumahnya. 

Kamp Penyisihan Kejuaraan Dunia Jr. NBA untuk wilayah Asia Pasifik itu diselenggarakan pada 15-16 Juni di Universitas Pelita Harapan (UPH) di Jakarta. 

Kamp tersebut diikuti 68 peserta dari 10 negara termasuk Australia, Indonesia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand, dan Vietnam.

Program Jr. NBA di Asia bertujuan mengembangkan kesehatan serta mendorong gaya hidup aktif di kalangan angkatan muda dengan mengintegrasikan olahraga basket ke dalam kurikulum pendidikan olahraga lokal. Sejak diluncurkan pada 2014, program Jr. 

NBA telah menjangkau lebih dari 18 juta anak-anak laki-laki dan perempuan di Asia, mengajarkan keterampilan dasar dan nilai utama Jr. NBA, yaitu Sportsmanship (sportivitas), Teamwork (kerja sama), a positive Attitude (sikap positif), dan Respect (saling menghargai), atau yang disingkat menjadi (S.T.A.R.). 

Setelah 2 hari penyelenggaraan kamp Penyisihan Kejuaraan Dunia Jr. NBA, terpilihlah 10 orang pemain putra dan 10 orang putri terbaik. 

10 pemain terbaik laki-laki: 

1. Brian Leonard, Indonesia
2. Dontae Nance, Selandia Baru
3. Eishin Naito, Jepang
4. Eman Ajmal Bin Jamil, Malaysia
5. Henjz Gabriel Demisana, Filipina
6. Joshua Dent, Australia
7. Lionel Matthew Rubico, Filipina
8. Sebastian Roy Reyes, Filipina
9. Tan Zi Sheng Jayson, Singapura
10. TikunSriphrawiang, Thailand

10 pemain terbaik perempuan:

1. Angelica Jenifer Candra, Indonesia
2. Chong PuiKhee, Malaysia
3. Dianne Camille E.Nolasco, Filipina
4. Iris Yuen, Singapura
5. Lilly Taulelei, Selandia Baru
6. Phung Trang Linh, Vietnam 
7. Reina Fukuo, Jepang 
8. Summah Hanson, Australia
9. SupawadeeAupatum, Thailand
10. Vanissa Renata Siregar, Indonesia