Perkenalkan Rajko Toroman, Kandidat Terkuat Pelatih Timnas Basket Putra Indonesia

Jumat, 21 Juni 2019 19:38 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Rajko Toroman, kandidat terkuat pelatih Timnas Basket Putra Indonesia. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Rajko Toroman, kandidat terkuat pelatih Timnas Basket Putra Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pelatih basket berkebangsaan Serbia, Rajko Toroman, resmi dijadikan sebagai kandidat calon kepala pelatih Timnas Basket Putra Indonesia. Hal tersebut diumumkan pada konferensi pers yang digelar di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Jumat (21/06/19).

Danny Kosasih, Ketua Umum PP Perbasi pun mengungkapkan alasan dibalik penunjukan Toroman sebagai kandidat terkuat pelatih Timnas Basket Putra Indonesia menggantikan Wahyu Widayat Jati alias Cacing.

"Sebenarnya hari ini saya juga sudah sempat bicara dengan pelatih CLS Knights (Brian Rowsom) terkait hal. ini ya, alasan awal pemilihan Rajko Toroman itu ketika saya ke India untuk Kongres FIBA Asia dari FIBA menyarankan untuk memakai Coach Toroman," jelas Danny pada Jumat (21/06/19) di kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Seperti yang diketahui, sebelumnya muncul nama Brian Rowsom yang baru saja membawa CLS Knights Indonesia juara ASEAN Basketball League (ABL).

"Dia (Toroman) dipilih karena paling tidak Ia telah berhasil membawa Filipina dan Iran ke level dunia, akhirnya kami semua diskusi dan ternyata rekan-rekan setuju akhirnya kami putuskan untuk mengambil beliau," imbuhnya.

Jika menilik rekam jejak Toroman sebelumnya, ia mengawali karir menjadi asisten pelatih Timnas Yugoslavia pada 1991-1996, lalu berlanjut menjadi kepala pelatih kli KK Sloga, yang bermain di liga dua basket Serbia.

Lanjut, ia juga pernah menangani beberapa negara dan sukses membawanya tingkat dunia, yakni Timnas Iran, Filipina, dan Yordania. 

Di bawah asuhannya, Timnas Iran bisa tampil di Olimpiade Beijing 2008 dan membawa Filipina menjadi semifinalis FIBA Asia 2011. 

Saat ini, pelatih kelahiran 10 Februari 1955 tersebut sedang bertugas sebagai pelatih klub Al-Muharraq di liga basket Bahrain. Akan ada kemungkinan, Toroman akan diturunkan secepatnya termasuk di ajang SEA Games 2019 menggantikan pelatih yang sekarang,  Wahyu Widayat Jati. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%