Apa kabar Christian Ronaldo Sitepu? Legenda Timnas Basket Indonesia

Rabu, 17 Juli 2019 12:59 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Cristian Ronaldo Sitepu dengan layup-nya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Cristian Ronaldo Sitepu dengan layup-nya.

INDOSPORT.COM - Christian Ronaldo Sitepu, sudah pensiun sebagai atlet basket sejak tahun 2018 lalu. Begini kabar Christian Ronaldo Sitepu saat ini.

Salah satu atlet basket Indonesia yang nama dan sepak terjangnya cukup dikenal adalah Christian Ronaldo Sitepu. Christian Ronaldo Sitepu atau akrab disapa Dodo, bermain untuk Satria Muda sejak tahun 2006. 

Pada tahun 2018 lalu, Dodo Sitepu memutuskan untuk pensiun sebagai atlet basket. Padahal usianya saat itu masih 32 tahun dan masih ada atlet basket yang lebih tua darinya. 

Saat masih aktif bermain, Christian Ronaldo Sitepu yang bermain sebagai center, sudah kenyang merasakan gelar juara Indonesia Basketball League atau IBL. 

Dodo memenangkan 5 gelar IBL bersama Satria Muda (2006, 2007, 2008, 2009, dan 2018). Ronaldo Sitepu juga jadi bagian Satria Muda saat juara National Basketball League (NBL) tahun 2011, 2012, dan 2015. 

Sedangkan bersama Timnas Basket Indonesia, gelarnya juga cukup banyak. Medali perak SEA Games 2015 dan 2017, serta perunggu SEA Games 2011, ditambah dua kali menjadi runner up SEABA Championship 2011 dan 2017. 

Lalu apa kabar Christian Ronaldo Sitepu setelah pensiun sebagai atlet?

Bawa Obor Asian Games 

Christian Ronaldo Sitepu yang bertinggi 2 meter, sempat menjadi salah satu pembawa obor Asian Games 2018 lalu, beberapa bulan setelah ia pensiun. 

Ronaldo Sitepu menjadi pembawa obor bersama legenda-legenda olahraga Indonesia lainnya. 

Jadi Staf Pelatih

Setelah pensiun sebagai atlet basket, Ronaldo Sitepu tetap tak jauh dari olahraga dalam kehidupannya sehari-hari. 

Ronaldo Sitepu kini mulai menekuni dunia kepelatihan. Dodo Sitepu pada bulan Januari 2019 lalu menjadi asisten pelatih bagi Timnas U-18 atau Indonesia Warriors yang disiapkan untuk Piala Dunia FIBA 2023

Dodo Sitepu juga menjadi pelatih untuk sebuah akademi basket bernama Basketball Academy Rangers bersama mantan pemain Timnas lainnya, Amin Prihantono dan Bona Siregar. 

Selain menjadi pelatih, Cristiano Ronaldo Sitepu juga rajin olahraga lari dan mengikuti event-event lari di tahun 2019 ini seperti BNI-UI Half Marathon. 

Tekuni Bisnis

Tak hanya menjadi pelatih, Christian Ronaldo Sitepu juga menekuni bisnis yang sudah ia geluti selama beberapa tahun terakhir.

Bisnis jasa cuci, reparasi, dan kustomisasi sepatu tersebut bernama Shoe Daddy. Bisnis ini dijalankan Ronaldo Sitepu dan kini sudah memiliki tiga cabang.