Timnas Basket Indonesia 3x3 Waspadai Tiga Negara Ini di Sea Games 2019

Rabu, 17 Juli 2019 03:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Yohanes Ishak
© Nofik Lukman/INDOSPORT
Pelatih Timnas 3x3 Indonesia, Anthony Gunawan. Copyright: © Nofik Lukman/INDOSPORT
Pelatih Timnas 3x3 Indonesia, Anthony Gunawan.

INDOSPORT.COM - Timnas 3x3 Indonesia sudah fokus penuh untuk meraih prestasi pada ajang Sea Games 2019. Selain mencari pemain, Timnas 3x3 juga memantau kekuatan para pesaing.

Ada tiga negara yang disebut berpotensi menyulitkan Indonesia. Ketiganya adalah Thailand, tuan rumah Filipina dan Malaysia. Dari pemantauan Timnas 3x3, kekuatan tiga negara ini menjadi yang paling diwaspadai di ajang SEA Games 2019.

"Target kita minimal jadi finalis. Hasil scout ya Thailand, Malaysia dan Filipina yang jadi pesaing," ucap pelatih Timnas 3x3, Anthony Gunawan kepada INDOSPORT.

Soal materi pemain, ada delapan pemain yang akan dipanggil mengikuti pemusatan latihan di Jakarta. Sejauh ini, Ayu Sriartha asal Merpati Bali dan Jovita Elizabeth Simon dari Surabaya Fever, yang tampil paling konsisten.

Selain itu, ada pula Dyah Lestari dan Fitrayana Sari Dewi. Namun, Anthony menegaskan bahwa sistem promosi dan degradasi masih terus berjalan. 

Anthony akan mengamati performa para pemain, salah satunya lewat ajang IBL Go-Jek 3x3 2019 yang menyisakan tiga seri lagi. Ada pula ajang FIBA World Cup U-23 pada Oktober mendatang.

"Sejauh ini ranking satu-dua masih Ayu dan Jovita. Tapi kalau nanti ada penurunan ya bisa saja diganti. Sistem promosi degradasi masih terus berjalan," tutur Anthony.

Sekedar informasi, Filipina menggelar kompetisi basket 3x3 di SEA Games 2019 merupakan sejarah baru atau kompetisi 3x3 pertama di ajang SEA Games.