Timnas Basket Indonesia Bakal Naturalisasi Pemain Asal Amerika Serikat

Sabtu, 27 Juli 2019 12:15 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© GMA Network
Denzel Bowles, pemain basket Amerika Serikat yang kabarnya akan dinaturalisasi Indonesia. Copyright: © GMA Network
Denzel Bowles, pemain basket Amerika Serikat yang kabarnya akan dinaturalisasi Indonesia.

INDOSPORT.COM - Kabar baik datang dari dunia basket Tanah Air. Timnas Basket Indonesia berencana menaturalisasi pebasket kelahiran Amerika Serikat, Denzel Bowles.

Rencana naturalisasi Bowles ini merupakan pilihan langsung kepala pelatih baru Timnas Basket Indonesia, Rajko Toroman. Pelatih yang menggantikan Wahyu Widayat Jati atau Cacing ini mengaku mengenal sang pemain saat melatih salah satu klub basket Filipina, PBA.

"Dia punya pengalaman main di Filipina juga China, saya tahu dia sejak 2012 waktu ia pertama datang ke Filipina," kata Rajko Toroman dikutip dari berita sport laman Antara.

Denzel Bowles sendiri merupakan pemain yang kenyang akan pengalaman. Pemain basket berusia 30 tahun tersebut telah berkelana ke berbagai liga dunia seperti Venezuela, Puerto Rico, Israel, Paraguay, dan Jepang.

Pada tahun 2012 silam, Bowles juga pernah membantu B-Meg Llamados meraih gelar juara PBA Commisioner's Cup sekaligus menjadi pemain impor terbaik.

Tujuan Timnas Basket Indonesia menaturalisasi Bowles ini yaitu memperkuat tim agar bisa lolos kualifikasi FIBA Asia pada tahun 2021 mendatang.

Jika proses naturalisasi berjalan lancar, Bowles akan bergabung dengan Timnas Basket Indonesia sekitar September atau Oktober 2019. Meski demikian, ia belum dipastikan bisa memperkuat Indonesia dalam ajang SEA Games 2019 Filipina.

Di sisi lain, kabar ini kemungkinan bisa membatalkan rencana untuk naturalisasi bintang TN CLS Knights Indonesia, Maxie Esho, yang sempat mengemuka atau bintang Stapac Jakarta, Savon Goodman.