Harja Jaladri, Wasit Indonesia Pertama yang Debut di FIBA World Cup

Minggu, 1 September 2019 16:45 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© FIBA
Harja Jaladri, wasit yang mewakili Indonesia di FIBA World Cup 2019 Copyright: © FIBA
Harja Jaladri, wasit yang mewakili Indonesia di FIBA World Cup 2019

INDOSPORT.COM - Wasit basket Indonesia, Harja Jaladri, mendapatkan kepercayaan untuk memimpin laga pembuka Grup A antara Pantai Gading vs China pada FIBA World Cup 2019, Sabtu (31/08/19) waktu setempat.

FIBA World Cup 2019 sendiri berlangsung sejak tanggal 31 Agustus hingga 15 September 2019 di mana China sebagai tuan rumahnya. Ajan ini juga diikuti oleh 32 negara.

Anggota Central Board FIBA yang juga Komite Olimpiade Internasional (IOC), Erick Thohir pun mengaku sangat bangga dengan adanya sosok wasit Indonesia yang mewakili ajang sekaliber FIBA World Cup 2019.

"Suatu kebanggaan bagi bola basket Indonesia. Wasit Indonesia Basketball League (IBL) dipercaya memimpin laga kelas dunia. Hal ini membuktikan bahwa wasit Indonesia memiliki kemampuan," kata Erick Thohir.

Harja yang juga wasit terbaik IBL bersyukur memperoleh kesempatan memimpin laga FIBA World Cup. "Semoga teman-teman wasit Indonesia lain bisa memiliki kesempatan seperti saya. Karena kita memang mampu," katanya.

Sebagai persiapan menghadapi ajang tersebut, Harja mendapat program latihan fisik dari FIBA dan ia sendiri diharuskan untuk melapor hasil dari latihan fisik tersebut secara online kepada FIBA.

Dirinya pun meminta kepada seluruh penikmat basket nasional untuk mendoakannya. “Doakan, saya bisa memimpin pertandingan dalam Olimpiade Tokyo 2020 nanti,” tambahnya.

Wasit yang sudah diakui secara internasional sejak tahun 2005 itu nyatanya memiliki banyak prestasi gemilang. Harja terpilih sebagai wakil FIBA Asia mengikuti NBA Summer Camp di Las Vegas, Amerika Serikat.

Tahun 2018 Harja juga terpilih mengikuti kejuaraan dunia Bola Basket Wanita di Spanyol, selain dinobatkan menjadi wasit terbaik di Indonesia Basket Ball League 2018/2019.