Gagal di FIBA World Cup 2019, Direktur Tim Basket Amerika Salahkan Komposisi Pemain

Sabtu, 14 September 2019 12:59 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Lintao Zhang/Getty Images
Gregg Popovich bersama skuat timnas basket Amerika Serikat Copyright: © Lintao Zhang/Getty Images
Gregg Popovich bersama skuat timnas basket Amerika Serikat

INDOSPORT.COM - Gagal bersinar di FIBA World Cup 2019, Direktur pelaksana Tim Bola Basket Amerika Serikat Jerry Colangelo menyalahkan komposisi pemain yang ada dalam Timnas.

Setelah kalah dalam pertandingan kontra Prancis dan Serbia, tim basket Amerika harus menelan pil pahit yakni tak akan meraih medali untuk pertama kalinya sejak Kejuaraan Dunia FIBA 2002.

Akibat keterpurukan ini, Colangelo mengatakan salah satu alasannya adalah komposisi pemain dan tentu saja ini menjadi catatan penting menjelang Olimpiade Tokyo 2020.

“Saya hanya bisa mengatakan, Anda tidak bisa mengabaikan siapa pemain yang Anda pikir akan bertanding tapi nyatanya tidak ada dalam tim," kata Colangelo seperti dikutip dari Yahoo Sports.

Setelah memulai turnamen dengan daftar rincian pemain timnas penuh 35 bintang dari NBA, akhirnya mereka yang tetap bertahan hanya segelintir seperti Kemba Walker, Khris Middleton, Harrison Barnes dan Myles Turner.

Beberapa pemain top NBA seperti Anthony Davis, James Harden, dan Bradley Beal mundur dari timnas pada Juli lalu. Tak lama kemudian, Eric Gordon, Paul Millsap, dan Montrezl Harrell juga mundur.

“Para pemain melakukan semua yang mereka bisa lakukan,” kata Colangelo. “Mereka adalah tim yang bagus. Tapi awalnya saya berharap mendapatkan pemain yang lebih baik namun itu tidak terjadi.”

Perlu dicatat bahwa beberapa pemain kunci harus mundur karena cedera. Misal, Kyle Lowry mengalami cedera ibu jari dan Kyle Kuzma menderita cedera pergelangan kaki.