3 Fakta Ricky Rubio, Sang MVP FIBA World Cup 2019

Selasa, 17 September 2019 18:08 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Fred Lee/GettyImages
Ricky Rubio, bintang basket asal Spanyol. Copyright: © Fred Lee/GettyImages
Ricky Rubio, bintang basket asal Spanyol.

INDOSPORT.COM – FIBA World Cup 2019 resmi usai digelar ketika Spanyol berhasil merengkuh gelar juara setelah mengalahkan Argentina dalam partai final yang digelar di Le Sport Center, Beijing, China pada Minggu (15/09/19). Spanyol mampu menyudahi perlawanan Argentina dengan skor 95-75.

Setelah FIBA World Cup selesai, ada penghargaan yang disematkan, antara lain seperti pemain terpilih yang masuk all-star dan pemain terbaik atau lebih dikenal most valuable player (MVP).  Bintang timnas Spanyol, Ricky Rubio pun didapuk menjadi MVP FIBA World Cup 2019 setelah dirinya mampu tampil apik di kompetisi tersebut.

Nama Ricky Rubio bisa dibilang mungkin kurang tenar di dunia basket, terlebih jika dibandingkan dengan nama-nama seperti, LeBron James, Stephen Curry, James Harden, Kevin Durant, atapun Anthony Davis.

Oleh karena itu, berikut rangkuman tiga fakta unik yang dirangkum oleh redaksi INDOSPORT:

1. Pemain Kelahiran 1990-an Pertama Masuk Draft NBA

Pada 24 Juni 2009, Rubio berhasil mencatatkan sejarah sebagai pemain kelahiran 1990-an yang bisa masuk draft NBA. Minnesota Timberwolves adalah klub yang mengambil Rubio dalam draft NBA.

Timberwolves sendiri mempunyai kesempatan untuk mengambil pemain diurutan kelima. Klub asal Kota Minnesota ini memiliki total empat pick putaran pertama dalam draft NBA 2009. Salah satunya digunakan untuk mengambil Rubio.

2.       Masuk ke dalam Tim All-star

Selain meraih MVP, ia juga masuk ke dalam tim All-star bersama dengan empat orang lainnya, ada Bogdan Bogdanovic (Serbia), Evan Fournier (Perancis), Luis Scola (Argentina), dan rekan setimnya Marc Gasol (Spanyol).

Raihan penghargaannya yang ia terima ini semakin menguatkan fakta Rubio merupakan pemain yang hebat, masuk ke dalam tim all-star dan menyabet gelar MVP.

3. Catat Rekor Assist di FIBA World Cup

Dalam pertandingan yang ia lalui bersama Spanyol. Rubio merupakan salah satu pemain yang berperan penting dalam mengantarkan Spanyol menjadi juara dunia.

Hal ini terlihat dari statistik yang dihasilkan Ricky Rubio selama ia bertanding di gelara FIBA World Cup 2019, yakni 16,4 poin, 6 assist 4,6 rebound, dan 1,5 steal per laga sepanjang Piala Dunia FIBA 2019.

Penulis: Ergian Pinandita

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%