NBA Ubah Aturan Pengukuran Tinggi, 6 Pemain Ini Akan Kena Imbasnya

Selasa, 1 Oktober 2019 15:40 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemain National Basketball Association (NBA), yang kerap menggunakan sedikit bantalan pada sesi pengukuran tinggi badan mereka, dikabarkan tak akan lagi melakukannya sehubungan dengan NBA yang menginginkan tim untuk menentukan tinggi pemain secara akurat.

Menurut Marc Stein dari The New York Times, NBA akan meminta tim untuk menyerahkan pengukuran tinggi yang tepat untuk pemain tanpa sepatu dalam minggu pertama pemusatan latihan.

Seorang pemain seperti Kevin Durant telah lama terdaftar di 205 cm meski tingginya hampir 213 cm. Alasannya semata-mata untuk menduduki posisi small forward saja.

Sementara itu, legenda NBA yang baru saja pensiun, Dirk Nowitzki mengolok-olok mantan rekan setimnya yakni JJ Barea yang terbilang kecil, namun terdaftar memiliki tinggi 182 sentimeter padahal seharusnnya tinggi dia tidak menyentuh angka itu.

Barea bukan satu-satunya pemain yang bisa terpengaruh oleh aturan pengukuran NBA terbaru. Berikut beberapa nama yang bisa kehilangan paling banyak inci saat kebenaran yang sebenarnya keluar seperti dikutip laman CBS Sports.

1. Isaiah Thomas

Tinggi terdaftar: 175 cm

Thomas tentu saja salah satu nama pertama yang muncul di kepala Anda ketika berpikir tentang pemain yang terlihat lebih pendek dari tinggi terdaftar mereka. Mantan point guard All-NBA menyebut dirinya sebagai 172 cm dalam esai 2016 di The Players Tribune, jadi tidak akan mengejutkan jika tingginya jatuh satu atau dua inci setelah pengukuran resmi dilakukan.

2. Chris Paul

Tinggi terdaftar: 182 cm

Yang ini mungkin dekat, tetapi tes mata tidak benar-benar mendukung Paul menyentuh 182 cm tanpa sepatu. Melihat bukti foto, Paul nampaknya kira-kira sama tingginya dengan Barea, yang menurut Nowitzki nampaknya tidak setinggi dengan tingginya yang tercantum.

3. Kemba Walker

Tinggi terdaftar: 185 cm 

Ya, ini mungkin sedikit sulit. Walker telah berkembang menjadi point guard All-NBA, tetapi itu tidak akan terlalu mengejutkan jika dia masuk di bawah 185 cm.

4. P.J. Tucker

Tinggi terdaftar: 198 cm

Tucker adalah penyerang yang berukuran terlalu kecil yang mungkin satu atau dua inci lebih pendek dari tinggi badannya. Sebagian besar rancangan profilnya sebelum dia memasuki NBA membuatnya terdaftar di 195 cm. 

5. Daymond Green

Tinggi terdaftar: 200 cm

Green adalah pilihan putaran kedua meskipun memiliki power forward yang terlalu kecil, sehingga Anda dapat melihat mengapa ia bisa menambah tinggi badannya untuk memberi tim NBA insentif lebih untuk membuatnya. Tetapi, menurut pelatihnya sendiri, Steve Kerr, Green lebih seperti 195 cm, yang membuat apa yang dia lakukan bertahan bahkan lebih mengesankan.

6. Dwight Howard

Tinggi terdaftar: 210 cm

Selama masa jayanya, Howard adalah salah satu center paling dominan di NBA. Ternyata, dia terlalu kecil selama ini. Pengukuran gabungan yang dipublikasikan pada daftar NBA.com, Howard ada di 205 cm tanpa sepatu dan 208 cm dengan sepatu. Dia bisa tumbuh sejak itu karena dia memasuki liga begitu muda, tetapi Howard kemungkinan akan turun beberapa inci ketika pengukuran baru keluar.

Penulis: Karina Kusuma Wijaya