Terlibat di IBL Rookie Combine 2019, Begini Kisah Sukses Sang Legenda Basket

Rabu, 9 Oktober 2019 21:52 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Saut Lambok Johnson, Salah satu perintis perebut medali Indonesia di SEA Games 1993 ini akan menjadi salah satu trainer di IBL Rookie Combine 2019.

INDOSPORT.COM - Salah satu legenda basket nasional, Saut Lambok Johnson, turut ambil bagian dalam IBL Rookie Combine 2019 yang digelar pada, Rabu (9/10/19). Malang melintang di geliat bola basket, mantan pemain tim Aspac Jakarta itu beberkan kisah suksesnya kala mampu mengukir sejarah gemilang.

Saut Lombok Johnson merupakan mantan pemain Tim nasional Indonesia yang kala itu bermain di SEA Games 1993 Singapura. Di pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut, Johnson berhasil mempersembahkan medali perunggu, sekaligus menjadi medali pertama yang direbut timnas basket putra Indonesia kala itu.

Seperti dikutip dari laman resmi Iblindonesia.com, Johnson sedikit menceritakan pengalamannya bersama Timnas Basket Indonesia usai sukses membawa pulang medali dari Singapura.

“Waktu itu yang saya ingat masuk tim bersama saya ada nama-nama seperti Ali Budimansyah, Nano Sukarman, Rani Kristino,” ujarnya ketika mengingat kembali kenangan di tahun 1993.

Johnson sebelumnya pernah tergabung dalam tim Glory Semarang, sebelum akhirnya memutuskan pindah ke klub Gentong Kumala Jaya.

“Saya lupa tahun persis bergabung dengan klub-klub tersebut, mungkin pak Danny Kosasih yang ingat,” tambahnya.

Untuk diketahui, Danny Kosasih merupakan Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) yang masih menjabat hingga kini. Dulu dirinya merupakan pelatih yang menangani Johnson di dua tim berbeda.

Johnson tercatat sebagai seorang center yang menjadi langganan di Timnas Indonesia pada masanya. Setelah mendulang medali perunggu di SEA Games 1993 Singapura, Johnson bersama Timnas kembali sukses mengulang torehan yang sama di ajang SEA Games 1999 Brunei Darussalam.

Tak lama, dua tahun berikutnya Indonesia berhasil mendapat keping medali perak yang kala itu berlangsung pada SEA Games 2001 Kuala Lumpur, Malaysia.

Mengakhiri karier sebagai pemain profesional di tahun 2008, tak sekaligus membuat Johnson lepas dari bola basket, dirinya kini memperkuat salah satu tim veteran bernama A PLUS.

Dengan sederet pengalaman dan prestasi yang diraih Saut Lambok Johnson, hendaknya menjadi kesempatan emas bagi para Rookie untuk menimba ilmu langsung dari sang legenda melalui prorgam IBL Rookie Combine 2019. 

Penulis: Muhammad Harris Muda

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%