Rocky Padila Beberkan Alasan di Balik Tagar #ForTheIndonesianBasketballCulture

Rabu, 13 November 2019 13:55 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Indra Citra Sena
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Rocky Padila, youtuber spesialis basket di Indonesia yang aktif mengampanyekan kultur basket Indonesia Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Rocky Padila, youtuber spesialis basket di Indonesia yang aktif mengampanyekan kultur basket Indonesia

INDOSPORT.COM - Sejak 2016, nama Rocky Padila mulai dikenal di kancah basket Indonesia sebagai salah satu influencer yang aktif membahas dan mewawancarai tokoh-tokoh basket, mulai dari dalam hingga luar negeri di kanal Youtube pribadinya.

Tidak sekadar menjadi pewarta khusus basket, Rocky juga mempopulerkan tagar menarik yang berbunyi #ForTheIndonesianBasketballCulture atau dalam Bahasa Indonesia berarti “Untuk kultur basket Indonesia”.

Lantas, apakah arti dari tagar yang dikampanyekan oleh Rocky Padila tersebut? Berikut penuturan lengkapnya kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

“Saya berpikir apa tagar yang ear-catching untuk mengampanyekan basket agar menjadi sebuah kultur di Indonesia. Nah ketemulah itu jawabannya. Dengan tagar tersebut, saya bertekad mendedikasikan diri dan waktu untuk perkembangan basket Indonesia,” ujar Rocky Padila.

“Di sini basket masih sangat kurang, apalagi di tingkat SD, SMP, dan SMA. Lewat media digital, saya berupaya memberikan ekspos untuk para talenta muda agar bisa diketahui seantero Indonesia," tambahnya.

Sebagai contoh, Rocky Padila mencoba mengacu ke salah satu negara Asia Tenggara lain, yakni Filipina, yang memang dikenal sebagai kiblatnya basket ASEAN.

“Kalau di Filipina basket itu sudah seperti agama mereka. Semua pemuda di sana bercita-cita menjadi pebasket profesional karena menjanjikan," cetusnya. 

"Dibandingkan Indonesia, turnamennya kurang sering, jadi para talenta mudanya nggak semangat dan kurang exposure. Maka dari itu, saya ingin membuat gerakan baru,” kata pria berpostur tinggi tersebut.

Terakhir, Rocky Padila berharap perjuangan dan segala dedikasinya untuk basket Indonesia akan berbuah manis dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Dia tentu ingin menyaksikan usahanya bisa mendatangkan prestasi tingkat internasional kelak.