Songsong Piala Dunia 2023, Perbasi Umumkan Wajah Baru

Sabtu, 23 November 2019 13:19 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - 2023 merupakan tahun yang sakral bagi perbolabasketan Indonesia. FIBA memilih Indonesia bersama Jepang dan Filipina menjadi tuan rumah perhelatan terbesar bola basket dunia yaitu FIBA World Cup 2023.

Terpilihnya Indonesia sebagai co host membuat Tim Nasional Bolabasket Indonesia (Putra) memiliki kesempatan menjadi peserta walaupun dengan catatan dari FIBA, yaitu Indonesia wajib meningkatkan kualitas Timnas Bola basketnya.

Beberapa target yang ditetapkan FIBA sebagai catatan tersebut di antaranya Timnas Indonesia khususnya Putra wajib memiliki skuat yang kompetitif, mulai dari SEA Games 2019 di Manila, FIBA Asia Cup qualifiers 2020, dan lolos ke FIBA Asia Cup 2021. Sebuah tantangan berat dari FIBA yang akan terus mereka pantau perkembangannya.

PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional langsung merespons dan melakukan beberapa pembenahan dan mengambil beberapa keputusan yaitu menggunakan jasa pelatih kaliber dunia yang sudah berpengalaman mengembangkan potensi Tim Nasional di beberapa negara yaitu Coach Rajko Toroman.

Kemudian BTN PP Perbasi juga segera mencari calon pemain naturalisasi yang dianggap mampu meningkatkan kualitas Tim Nasional beberapa level ke atas.

Proses pencarian yang tidak mudah sampai akhirnya pilihan jatuh kepada Lester Prosper, pemain basket profesional berkebangsaan Inggris (Bristish Passport Holder) yang cukup berpengalaman bermain di berbagai negara.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Lester Prosper, Pemain Bolabasket Profesional berkebangsaan Inggris (Bristish Passport Holder) yang cukup berpengalaman bermain diberbagai negara. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTLester Prosper, Pemain Bolabasket Profesional berkebangsaan Inggris (Bristish Passport Holder) yang cukup berpengalaman bermain di berbagai negara.

BTN pun meluncurkan dan memperkenalkan Logo Tim Nasional Bolabasket kepada masyarakat Indonesia pada umumnya dan para pecinta bolabasket Indonesia.

Logo ini terilhami dari 3 komponen utama yaitu perisai pada lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila sebagai lambang kekuatan, soliditas, dan unite for nation. Tulisan Indonesia Basketball dan warna merah putih sebagai identitas, dan tulisan INA sebagai akronim resmi NKRI pada ajang olahraga internasional.

Logo ini menjadi logo resmi (official logo) Tim Nasional Bolabasket Indonesia baik Putra maupun Putri, senior maupun Junior.

Dengan adanya logo ini, Timnas Bolabasket Indonesia diharapkan dapat semakin dikenali masyarakat sehingga muncul brand awareness yang kuat terhadap identitas timnas basket Indonesia, dan visi pentingnya adalah untuk lebih berprestasi lagi di setiap kejuaraan yang diikuti nanti.

Logo ini merupakan hak kekayaan intelektual milik BTN PP Perbasi yang didaftarkan dan memiliki kekuatan hukum.

Dengan adanya logo ini BTN PP Perbasi berhak menggunakan logo ini untuk mendapatkan nilai ekonomis dan komersial yang nantinya digunakan untuk perkembangan Tim Nasional Bolabasket Indonesia.