Hari Pertama SEA Games: Tim Basket 3X3 Indonesia Putra Berjaya, Putri Tak Berdaya

Minggu, 1 Desember 2019 18:10 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Isman Fadil
© iblindonesia
Tim nasional bola basket 3X3 putra Indonesia berhasil menang di hari pertama SEA Games 2019. Sayang hal ini tidak bisa diikuti Timnas Basket Putri. Copyright: © iblindonesia
Tim nasional bola basket 3X3 putra Indonesia berhasil menang di hari pertama SEA Games 2019. Sayang hal ini tidak bisa diikuti Timnas Basket Putri.

INDOSPORT.COM - Nasib berbeda harus dialami Timnas Basket 3x3 Indonesia di hari pertama SEA Games 2019, Minggu (1/12/19). Jika Timnas Basket Putra mampu menang, hal berbanding terbalik dengan Timnas Putri.

Menjalani pertandingan di Fil Oil Flying V Center, Timnas Basket Putra Indonesia berhasil menang 2 kali dalam tiga laga pertandingan. Terdapat tiga pertandingan berbeda yang telah dilakoni Timnas Basket 3x3 Tanah Air.

Pada pertandingan pertama Indonesia langsung menang 17-7 melawan Kamboja. Meski di laga kedua mereka kalah 21-17, pada pertandingan ketiga mereka bisa langsung menang dengan skor 21-10 atas Myanmar.

Empat pebasket Indonesia yakni Oki Wira Sanjaya, Sandy Ibrahim Aziz, Surliyadin, dan Rivaldo Tandra Pangesthio secara kompak mampu mengantisipasi berbagai perlawanan tim musuh hingga mampu membuat Timnas Basket Indonesia meringsek ke posisi empat klasemen sementara.

Jika Timnas Basket 3x3 Putra mampu meraih hasil yang terbilang bagus, lain halnya dengan Timnas Basket putri yang justru tak mampu pecah telur satu kali pun pada hari pertama gelaran SEA Games tahun ini.

Menjalani tiga laga berbeda, tim yang beranggotakan Made Ayu Sriartha, Deniece Gunarto, Jovita Simon, dan Peyton Withed gagal di keseluruhan pertandingan.

Pada laga pertama Timnas Basket Putri kalah tipis 11-13 melawan Thailand. Berlanjut ke pertandingan kedua mereka dikalahkan dengan cukup menyakitkan lawan Vietnam dengan skor 21-12. Terakhir Srikandi Basket lagi-lagi kalah 13-16 lawan Tim tuan rumah, Filipina.

Kekalahan hat-trick ini sekaligus membuat Indonesia lengser ke posisi lima klasemen Basket 3x3 Putri sementara. Posisi mereka sendiri terbilang tragis karena hanya berada nyaris pada posisi terbawah.

Perjuangan Timnas Basket 3x3 belum berakhir karena keduanya dijadwalkan akan mengikuti sesi tanding lanjutan pada hari Senin (2/12/19). Timnas Putra akan menghadapi Vietnam, Thailand, dan Malaysia, sementara Timnas Putri akan menantang Malaysia dan Myanmar.