Lawan Filipina di Semifinal, Akhir Langkah Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2019?

Minggu, 8 Desember 2019 14:09 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Timnas Basket Putra Indonesia takluk dari Thailand di Mall Of Asia, Manila, Rabu (04/12/19). Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Timnas Basket Putra Indonesia takluk dari Thailand di Mall Of Asia, Manila, Rabu (04/12/19).

INDOSPORT.COM - Timnas Basket Indonesia akan melawan Filipina di semifinal SEA Games 2019. Inikah akhir langkah Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2019?

Timnas Basket Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal cabor basket SEA Games 2019. Timnas Putra sempat menelan kekalahan saat melawan Thailand. 

Namun anak asuh Rajko Toroman mampu bangkit dan meraih kemenangan atas Malaysia dan Kamboja. Hasil tersebut membuat Indonesia finis sebagai runner up Grup B. 

Sayangnya, menjadi runner up Grup B membuat Indonesia harus berhadapan dengan Filipina yang merupakan juara Grup A di babak semifinal. 

Filipina sendiri adalah tim paling ditakuti dalam cabor basket Asia Tenggara, baik di ajang SEA Games maupun SEABA Championship. 

Filipina mengoleksi 17 medali emas dan 2 medali perak di SEA Games. Filipina juga merajai SEABA Championship dengan 8 gelar. 

Melawan Filipina di babak semifinal, akankah menjadi akhir dari langkah Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2019?

Rekor yang Buruk 

Timnas Basket Indonesia memang punya rekor yang sangat buruk jika berhadapan dengan Filipina, terutama di ajang SEA Games. 

Dari 4 pertemuan di final SEA Games, keempat-empatnya dimenangkan oleh Filipina dan Indonesia harus puas dengan medali perak saja. 

Berdasarkan catatan, Timnas Basket Indonesia terakhir kali mengalahkan Filipina adalah di ajang SEABA Championhsip 1996 di Surabaya. 

Saat itu di babak penyisihan Indonesia kalah 84-94 dari Filipina. Di laga final, Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 88-81 dan berhak atas gelar SEABA Championship. 

SEABA Championship sendiri adalah turnamen setara Piala AFF untuk sepak bola antar negara di Asia Tenggara. 

Medali Perunggu Saja?

Jika pada akhirnya Timnas Basket Indonesia dikalahkan Filipina di babak semifinal, artinya prestasi tertinggi yang dapat diraih di SEA Games 2019 adalah medali perunggu. 

Kemungkinan lawan yang akan dihadapi di perebutan medali perunggu adalah Vietnam. Vietnam sendiri cukup mengejutkan mampu finis sebagai runner up Grup A dan mengalahkan Singapura yang punya riwayat prestasi lebih baik di cabor basket. 

Akan tetapi, keajaiban bisa saja terjadi dan Timnas Indonesia mampu mengalahkan Filipina di semifinal. Maka sejarah untuk meraih medali emas pertama cabor basket di SEA Games dapat diwujudkan. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%