Review Anime Ahiru no Sora: Hiburan Baru Bagi Pencinta Basket

Jumat, 6 Desember 2019 14:27 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© media bro.
Ahiru no Sora, seri anime bola basket Jepang. Copyright: © media bro.
Ahiru no Sora, seri anime bola basket Jepang.

INDOSPORT.COM - Ahiru no Sora menjadi anime baru tentang olahraga basket. Berikut review anime bergenre sport, Ahiru no Sora.

Dari masa ke masa selalu ada komik dan anime bergenre olahraga, khususnya olahraga yang cukup populer di Jepang seperti basket

Sudah banyak sekali judul anime yang bercerita soal olahraga basket. Beberapa diantaranya juga cukup populer di Indonesia sejak tahun 2000-an. 

Mulai dari Slam Dunk dan Dear Boys, hingga era Kuroko no Basket di tahun 2010-an. Satu per satu anime tersebut menjadi hiburan bagi para pencinta basket di Indonesia. 

Kini, ada satu lagi anime basket dengan judul Ahiru no Sora yang mulai tayang sejak 2 Oktober 2019 lalu. Berikut review INDOSPORT untuk anime Ahiru no Sora. 

Sinopsis 

Ahiru no Sora bercerita tentang seorang anak SMA bernama Sora Kuramatani yang berjanji kepada ibunya yang seorang mantan atlet Timnas Wanita Jepang, akan meraih prestasi di turnamen antar SMA. 

Namun, impian Sora tersebut harus melalui jalan yang terjal karena tim basket laki-laki di SMA Kuzuryu tempat ia bersekolah ternyata sedang vakum dan tak menerima anggota baru. 

Dari situlah petualangan Sora untuk menepati janji kepada ibunya untuk berprestasi di Inter-High, dimulai. 

Plot dan Karakter 

Setelah Sora berusaha untuk menghidupkan kembali tim basket SMA Kusuryu, satu per satu karakter muncul ke permukaan. Mulai dari anggota tim basket wanita, guru yang galak, serta manajer. 

Plot cerita dalam film ini disajikan dengan alur maju dengan sesekali ada adegan flashback soal kehidupan beberapa tokohnya di masa lalu. 

Soundtrack 

Soundtrack pembuka anime Ahiru no Sora berjudul 'Happy Go Ducky' dan dinyanyikan oleh The Pillows. Irama opening lagu ini sedikit mengingatkan tentang soundtrack Digimon Adventure di tahun 90-an. 

Untuk ukuran soundtrack anime bergenre sport, tempo lagu ini bisa dibilang kurang terlalu cepat. Lagu ini juga kurang mengena di telinga serta sulit diingat. 

Berbeda dengan opening anime Kuroko no Basket berjudul 'Can Do' yang bertempo cepat dan bersemangat dan liriknya lebih mudah untuk dinyanyikan. 

Kekurangan 

Kekurangan dari anime Ahiru no Sora salah satunya adalah beberapa plot cerita yang cukup memaksa dan terjadi secara kebetulan. 

Saat cerita ingin memperkenalkan sebuah karakter baru, ada unsur ketidaksengajaan atau kebetulan di dalam cerita. 

Kelebihan 

Kelebihan dari anime Ahiru no Sora, terutama jika dibandingkan dengan Kuroko no Basket adalah soal komedinya. Beberapa karakter di Ahiru no Sora sangat menghibur dengan tingkahnya baik di dalam maupun luar lapangan. 

Setiap karakter punya potensi untuk menghibur secara komedi, termasuk karakter-karakter pendukung yang hanya muncul satu kali. 

Saat ini, Ahiru no Sora sudah berjalan sebanyak 10 episode dan cerita setiap episodenya semakin seru. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%