In-depth

Nasibmu Warriors, Bagai Sun Go Kong dalam Penjara Gunung 5 Jari

Senin, 16 Desember 2019 15:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Ynt/Indosport.com
Nasib tim basket Amerika Serikat di NBA, Golden State Warriors serupa dengan Sun Go Kong, Kera Sakti yang dikutuk dalam penjara Gunung 5 Jari. Copyright: © Grafis: Ynt/Indosport.com
Nasib tim basket Amerika Serikat di NBA, Golden State Warriors serupa dengan Sun Go Kong, Kera Sakti yang dikutuk dalam penjara Gunung 5 Jari.

INDOSPORT.COM – Siapa yang tak kenal klub basket legendaris, Golden State Warriors? Kiprahnya di Asosiasi Bola Basket Amerika Serikat (NBA) membuatnya kerap kali dinobatkan sebagai klub basket terbaik dunia.

Mengakhiri musim 2015 dengan titel juara setelah puasa gelar hingga 40 tahun, Golden State Warriors diprediksi akan meraih kejayaannya dalam beberapa tahun mendatang. Terlebih, kehadiran Stephen Curry dan Andre Iguodala semakin membuat tim percaya diri.

Berlanjut ketika mendaratkan Kevin Durant pada musim 2016/2017, Warriors sudah menjelma layaknya dewa basket yang tak tertandingi dengan kekuatan apapun. Memasuki babak playoffs, Warriors langsung menghajar tiga lawannya dengan skor telak 4-0.

Berjumpa Cleveland Cavaliers di partai final, tim lawan hanya diberi napas satu kali oleh Warriors, hingga akhirnya skuat yang identik dengan jersey biru itu menutup pertandingan dengan keunggulan 4-1.

Musim selanjutnya, partai final ulangan kembali lagi terjadi antara Warriors vs Cavaliers, dan diakhiri dengan mudah lewat skor 4-0. Sayang, kemenangan ini akhirnya ternodai di musim selanjutnya ketika tumbang dari Toronto Raptors di partai final.

Menilik kisah betapa perkasanya Golden State Warriors di beberapa tahun terakhir, maka secara tidak langsung juga mengingatkan kisah Sun Go Kong, sosok Kera Sakti yang pernah menantang seorang Bodhi, yang tak lain adalah gurunya sendiri.

Dari sang guru, Sun Go Kong belajar bicara seperti manusia dan 72 ilmu mengubah wujud. Tak sampai di sana, ia juga mulai menguasai teknik menaiki awan, menempuh jarak ribuan kaki dengan satu lompatan, dan menguasai tongkat emas yang bisa berubah sesuai kehendak pemiliknya.

Hanya saja kisah ini tidak selalu berakhir baik untuk Warriors maupun Sun Go Kong. Sebagaimana diketahui, saat ini Warriors sangat kesulitan bersaing dalam babak grup Barat kompetisi NBA 2019/2020, dan tertahan di dasar klasemen sementara.

Anak asuh Steve Kerr hanya mampu meraih lima kemenangan dan sudah mengantongi 23 kekalahan musim ini. Seperti mendapat sebuah kutukan, kisah Warriors lagi-lagi senasib dengan kisah tragis Sun Go Kong ketika menjabat di khayangan.

Berkat kesaktiannya, Sun Go Kong mendapat tempat di langit, meski hanya sebagai penjaga kuda. Seolah tak puas dengan pangkatnya, Go Kong mulai mengobrak-abrik khayangan dengan kesaktiannya. Seratus ribu pasukan tumbang saat berhadapan dengan sang Raja Kera tersebut.

Akhirnya, Budha turun tangan dan menantang Sun Go Kong untuk adu kekuatan. Ia bertaruh jika Go Kong tidak akan bisa lari dari telapak tangannya. Benar saja, meski sudah melompat hingga ke ujung dunia, Kera Sakti itu masih tetap berada di telapak tangan sang Buddha.

Konon, Sun Go Kong rupanya dipenjara dalam Gunung 5 Jari yang dibuat dari telapak tangan Budha selama lima abad, hingga akhirnya ia dibebaskan oleh biksu yang sedang menempuh perjalanan mencari kitab suci ke Barat.

Seperti Sun Go Kong, Golden State Warriors juga tentu menganggap musim ini bukanlah akhir dari segalanya. Sembari menunggu sang juru selamat tiba, tim tentu harus berbenah dan memulai strategi baru untuk mengulang kembali kejayaannya di beberapa tahun terakhir.