Siapa Sosok yang Ada di Balik Logo Legendaris NBA?

Minggu, 15 Desember 2019 16:41 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© nba.com
Logo NBA merupakan salah satu logo yang paling ikonik. Logo tersebut memadukan warna merah, putih, biru, dan ditambah siluet pemain basket. Copyright: © nba.com
Logo NBA merupakan salah satu logo yang paling ikonik. Logo tersebut memadukan warna merah, putih, biru, dan ditambah siluet pemain basket.

INDOSPORT.COM - Logo NBA merupakan salah satu logo yang paling ikonik. Logo tersebut memadukan warna merah, putih, biru, dan ditambah siluet pemain basket. Tapi, tahukan kalian siapa sosok di balik logo legendaris NBA tersebut?

Dilansir dari Logodesignlove.com, kisah di bali pembuatan logo NBA ini berawal karena adanya dua kompetisi basket di Amerika Serikat.

Saat itu, selain NBA ada juga kompetisi lain yang dikenal American Basketball Association (ABA). Kepopuleran NBA di waktu itu memang kalah dari ABA yang lebih menghibur.

Oleh sebab itu, NBA kemudian memutar otak untuk menyaingi ABA dan logo ini menjadi salah langkah awalnya. Logo ini dibuat karena NBA membuatuhkan identitas kuat untuk dikenal oleh publik.

Maka dari itu, NBA kemudian memberikan tugas kepada Alan Siegel dan Robert Gale untuk membuat logo NBA. Kedua orang itu adalah pendiri perusahaan pemasaran Siegel+Gale.

Pada pengerjaan logo ini, Siegel mencari insipirasi dengan melihat arsip foto di majalah Sport. Kemudian ia menemukan foto Jerry West yang bermain untuk LA Lakers.

Melihat foto itu, Siegel langsung kemudian mendapatkan inspirasi. Menurutnya, foto West itu tampak dinamis, berposisi vertikal dan merepresentasikan esensi permainan di NBA.

Sehingga dari foto itu, Siegel kemudian terinspirasi untuk menambahkan siluet West di dalam logo NBA yang saat ini sangat ikonik.