Nyaris Jadi Pemain AC Milan dan Gabung Hornets, Ini 11 Fakta Menakjubkan dari Kobe Bryant

Senin, 27 Januari 2020 20:11 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Wallpaper Cave
Legenda LA Lakers, Kobe Bryant meninggal akibat kecelakaan helikopter. Copyright: © Wallpaper Cave
Legenda LA Lakers, Kobe Bryant meninggal akibat kecelakaan helikopter.

INDOSPORT.COM – Legenda basket LA Lakers, Kobe Bryant meninggal akibat kecelakaan helikopter di Calabasas, California, Amerika Serikat.

Kabar ini jelas memberikan duka yang mendalam bagi dunia olahraga, khususnya cabang basket.

Ya, dalam tragedi kecelakaan helikopter yang ia tumpangi, Kobe Bryant meninggal bersama delapan orang lainnya, termasuk putrinya, Gianna Bryant.

Kobe Bryant memang bagian dari ikon olahraga basket dunia. Sepanjang kariernya selama 20 tahun di NBA, Kobe hanya bermain untuk satu tim saja, yakni LA Lakers dan sudah memberikan lima gelar juara untuk tim asal kota Los Angeles tersebut.

Kobe Bryant juga pernah 18 kali masuk tim All-Star, dua kali MVP final, dan empat kali MVP All-Star, dan sekali MVP di sepanjang musim reguler 2007-2008.

Meski demikian, besar kemungkinan belum banyak yang tahu sejumlah fakta-fakta menarik tentang Kobe Bryant. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

Pemain NBA Pertama yang Direkrut dari SMA

Pada umumnya, tim basket NBA bisa mendatangkan pemain muda debutan atau rookie dari draft saat sang pemain berada di tingkat mahasiswa yang berarti diambil dari tim kampus.

Namun berbeda dengan lainnya, Kobe Bryant yang memiliki bakat sempurna dan telah menjadi bintang serta pembicaraan yang positif di sejumlah kompetisi basket antar SMA.

Dilansir dari Sportell, Kobe Bryant saat aktif di kompetisi basket SMA mampu mencetak total sebanyak 1080 poin, sehingga jumlah tersebut membuat dirinya sangat mudah untuk masuk ke tim kampus manapun.

Namun, Kobe Bryant memilih untuk tidak kuliah sehingga pada saat ia lulus SMA, Kobe Bryant langsung terpilih dalam draft NBA di tahun 1996.

Dengan demikian, maka Kobe Bryant menjadi pebasket NBA pertama yang direkrut dari tim SMA dan bukan dari tim universitas.

Sudah Jadi Idola Sejak Masih SMA

© Christian Petersen/GettyImages
Legenda LA Lakers, Kobe Bryant meninggal akibat kecelakaan helikopter. Copyright: Christian Petersen/GettyImagesLegenda LA Lakers, Kobe Bryant meninggal akibat kecelakaan helikopter.

Sepertinya, Kobe Bryant sudah sangat terbiasa ketika mendengar namanya berkumandang di setiap pertandingan yang dilakoninya bersama Lakers.

Bagaimana tidak? Saat masih aktif di kompetisi basket SMA, Kobe Bryant telah menjadi pujaan hati banyak orang.

Tak hanya itu, Kobe Bryant juga seakan menjadi berlian yang mampu memikat hati banyak wanita.

Menariknya, Kobe Bryant dikabarkan pernah mengundang penyanyi R&B ternama pada acara prom night di sekolahnya yang dilaporkan sebagai kekasihnya.

Nyaris Gabung Charlotte Hornets

Pada tahun 1996, Kobe Bryant yang masuk dalam draft NBA sejatinya sudah diambil oleh Charlotte Hornets.

Namun saat itu juga Hornets langsung menukarnya dengan penggawa Lakers kala itu, Vlade Divac.

Keputusan tersebut sepertinya menjadi penyesalan seumur hidup bagi Charlotte Hornets, karena pada akhirnya Kobe Bryant mampu menjadi bintang basket NBA dan memberikan gelar juara untuk LA Lakers.

Hattrick Juara NBA untuk LA Lakers

© Slam
Kobe Bryant meraih gelar juara NBA lima kali bersama LA Lakers Copyright: SlamKobe Bryant meraih gelar juara NBA lima kali bersama LA Lakers

Pada awal-awal kedatangannya, Kobe Bryant memang tidak langsung memberikan gelar juara untuk Lakers. Butuh waktu empat tahun lamanya untuk Kobe Bryant baru bisa memberikan gelar juara untuk timnya.

Namun tak tanggung-tanggung, dari tahun 2000 hingga 2002, secara tiga tahun beruntun Kobe Bryant berperan besar dalam memberikan gelar juara NBA untuk LA Lakers.

Nama Kobe Bryant pun semakin meluas, terlebih dalam tiga tahun tersebut, rata-rata ia mampu mencetak lebih dari 20 points di setiap pertandingannya.

Lalu dua gelar juara NBA lainnya ia raih bersama LA Lakers secara back-to-back di tahun 2009 dan 2010

Nama Sesuai Daging Jepang

© KobeBeef.com
Daging Sapi Kobe di Jepang Copyright: KobeBeef.comDaging Sapi Kobe di Jepang

Tentu cukup banyak yang tahu, jika nama Kobe merupakan bahasa dari Jepang dan memang benar adanya, jika nama Kobe Bryant juga diambil dari daging Jepang.

Dilansir SporteI, Kobe merupakan daging sapi di Jepang yang terkenal karena teksturnya yang lembut dan lunak.

Gambaran ini juga diharapkan dan disesuaikan dengan sikap Kobe Bryant yang memang penyabar, lemah lembut, dan jarang sekali terlihat marah.

Selain itu, Kobe juga dikenal sebagai salah satu daging terbaik di Jepang yang juga diharapkan dan disamakan dengan Kobe Bryant sebagai salah satu pebasket terbaik di NBA.

1