Bisa Dapat 8 Poin, Ini Perbandingan Aturan Basket Unik dari Korut dengan Basket Resmi

Jumat, 7 Februari 2020 16:53 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© WallpaperAccess
Ilustrasi bola basket. Copyright: © WallpaperAccess
Ilustrasi bola basket.

INDOSPORT.COM – Sejumlah aturan basket tentunya sudah banyak yang diketahui bagi mereka para penggemarnya, namun bukan tak mungkin masih sedikit yang tahu ada aturan basket yang unik dari Korea Utara.

Biasanya, dalam aturan basket di NBA ataupun aturan basket pada umumnya lembaran dari luar garis lingkaran akan mendapatkan tiga poin atau lebih dikenal dengan three poin.

Lalu saat melempar di dalam lingkaran atau melakukan slam dunk poin yang didapat adalah dua angka, kemudian lemparan free throw mendapatkan satu poin saja.

Itu adalah sebagian aturan dasar di dunia basket yang pastinya sudah diketahui oleh seluruh pencinta basket di planet bumi ini.

Uniknya, Korea Utara ternyata memiliki aturan basket tersendiri dari aturan yang telah disebutkan di atas.

Sebenarnya, aturan basket di Korea Utara ini sudah cukup lama diperlakukan atau tepatnya sejak tahun 2006 lalu, namun bukan tak mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya.

Dilansir dari Reddit, di Korea Utara, lemparan dari luar garis lingkaran atau yang biasa disebut dengan three points, jika bola masuk maka timnya mendapatkan empat poin.

Lalu saat pemain melakukan dunk, maka timnya tidak mendapatkan dua poin melainkan tiga poin.

© Stacy Revere/GettyImages
Pemain bintang basket NBA milik Milwaukee Bucks, Giannis Antetokounmpo saat melakukan slam dunk Copyright: Stacy Revere/GettyImagesPemain bintang basket NBA milik Milwaukee Bucks, Giannis Antetokounmpo saat melakukan slam dunk.

Bagaimana dengan free throw? Untuk raihan poin masih sama, yakni satu poin saja, namun bedanya di Korea Utara, jika lemparan Free Throw tidak masuk maka poin akan dikurangi satu.

Yang paling unik dan menarik adalah, setiap tim yang mampu memasukkan bola tiga detik jelang berakhirnya pertandingan, maka tim tersebut bisa mendapatkan delapan poin.

Unik bukan? Dilansir dari DailyMail, aturan basket ini besar kemungkinan diciptakan oleh mantan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il atau ayah dari pemimpin Korea Utara saat ini, Kim Jong-un.

Kabarnya, Kim Jong-il merupakan penggemar basket sejati dan saat aturan basket tersebut dimunculkan di Korea Utara, tentu saja menciptakan pro dan kontra dari kalangan pencinta basket dunia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%