Apa Kabar Earvin Magic Johnson? Legenda Hall of Fame Milik Lakers

Kamis, 27 Februari 2020 11:50 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Focus on Sport/GettyImages
Earvin Magic Johnson, salah satu legenda NBA milik LA Lakers. Copyright: © Focus on Sport/GettyImages
Earvin Magic Johnson, salah satu legenda NBA milik LA Lakers.

INDOSPORT.COM – Bagi pencinta basket NBA sejati, tentu sudah tak asing lagi dengan nama Earvin Johnson atau lebih akrab dipanggil Magic Johnson.

Ya, sepanjang kariernya, Magic Johnson memang dikenal sebagai salah satu legenda fenomenal NBA yang bermain bagi LA Lakers saja, meski sempat bermain bagi tim asal Swedia, Magic M7 Boras, namun Johnson lebih dikenal sebagai bintang Lakers.

Saat masih aktif bermain, Magic Johnson berposisi sebagai point guard. Padahal, dengan tubuhnya yang besar dan bertinggi hingga mencapai 206cm tentu banyak yang menilai jika dirinya lebih pantas berposis sebagai center.

Kendati demikian, pria yang kini berusia 60 tahun itu membuktikan jika fisik tak menentukan posisi pemain dalam bermain basket.

Magic Johnson pernah memberikan lima gelar juara NBA untuk Lakers, yaitu di tahun 1980, 1982, 1985, 1987, dan 1988. Tak hanya itu, dirinya juga pernah menjadi MVP tiga kali di partai final dan juga MVP di sepanjang pagelaran NBA.

Dalam NBA All Star, Magic Johngson pernah ambil bagian sebanyak 12 kali dan juga pernah tercatat sebagai MVP dua kali. Fantastis bukan? Belum lagi masih banyak catatan gelar individu yang pernah ditorehkannya.

© Focus on Sport/GettyImages
Magic Johnson saat memberikan gelar juara NBA untuk Lakers di tahun 1980 Copyright: Focus on Sport/GettyImagesMagic Johnson saat memberikan gelar juara NBA untuk Lakers di tahun 1980

Berkat pencapaiannya itu, Magic Johnson juga pernah masuk dalam Hall of Fame bola basket di tahun 2002. Sekedar informasi, gelar hall of fame adalah sebuah penghargaan yang dipilih karena ketenarannya atau prestasi yang pernah diukir dalam bidang tertentu.

Wajar jika timnya, LA Lakers memberikan penghormatan kepadanya dengan mempensiunkan nomor punggung miliknya, 32.

Magic Johnson pensiun di tahun 1991 setelah dirinya dinyatakan positif terkena HIV. Namun, dirinya juga sempat kembali satu tahun perkuat Lakers di tahun 1996.

© Icon Sports Wire/GettyImages
Magic Johnson (kiri) saat masih aktif bermain bersama LA Lakers di NBA era 1980an. Copyright: Icon Sports Wire/GettyImagesMagic Johnson (kiri) saat masih aktif bermain bersama LA Lakers di NBA era 1980an.

Sejak saat itu, Magic Johnson kemudian benar-benar pensiun dan mulai membuka banyak bisnis, seperti di Starbucks, bioskop kawasan Amerika, dan juga mempunyai beberapa saham di tim olahraga.

Hingga saat ini, ia juga masih aktif di sejumlah bisnisnya tersebut, seperti dirinya memiliki tim bisbol Amerika, Los Angeles Dodgers di tahun 2012 dan tim bisbol amatir, Dayton Dragons, serta tim basket wanita atau WNBA, Los Angeles Sparks.

© Ezra Shaw.GettyImages
Magic Johnson menjadi pemilik tim bisbol, LA Dodgers. Copyright: Ezra Shaw.GettyImagesMagic Johnson menjadi pemilik tim bisbol, LA Dodgers.

Pada tahun 2017, Johnson pernah menjabat sebagai presiden operasional Lakers dan dirinya jugalah yang mempunyai peran dalam mendatangkan LeBron James.

Sayangnya, pada akhir musim 2018-2019 dirinya mengundurkan diri dan tetap fokus pada sejumlah tim olahraga yang ia miliki tersebut.

© Roy Rochlin/Getty Images
Legenda basket NBA dari tim LA Lakers, Earvin Magic Johnson. Copyright: Roy Rochlin/Getty ImagesLegenda basket NBA dari tim LA Lakers, Earvin Magic Johnson.

Saat masih aktif bermain di NBA, Magic Johnson tercatat mampu mencetak total 17.707 points, 6.559 rebounds, dan 10.141 assist, serta 1.724 steal.

Meski telah lama pensiun namun nama Magic Johnson tentu bakal selalu diingat sepanjang masa di kompetisi basket NBA.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%