Kembali Bermain, ‘Virus’ Curry Menyebar Cepat di Roster Golden State Warriors

Jumat, 6 Maret 2020 17:19 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Ezra Shaw/GettyImages
Pemain megabintang Golden State Warriors, Stephen Curry telah kembali bermain saat melawan Toronto Raptors. Copyright: © Ezra Shaw/GettyImages
Pemain megabintang Golden State Warriors, Stephen Curry telah kembali bermain saat melawan Toronto Raptors.

INDOSPORT.COM – Virus positif dari kembalinya Stephen Curry memberikan dampak besar bagi timnya, Golden State Warriors.

Hal itu terjadi dalam pertandingan melawan tim tamu yang juga merupakan juara NBA musim lalu, Toronto Raptors di Oracle Arena.

Meski Warriors kalah dari Raptors dengan skor 121-113, namun permainan dari Steve Kerr benar-benar berbeda dari pertandingan sebelumnya.

Ya, Stephen Curry yang cedera sejak Oktober 2019 lalu seakan meruntuhkan semangat dan mental pemenang dari Golden State Warriors.

Bagaikan baru putus dengan pacar, permainan Warriors kala ditinggalkan oleh Curry selama cedera benar-benar tak terlihat ada bersemangat. Bahkan, performa tim yang berbasis di Kota California ini cenderung naik turun dan jauh dari kata konsisten.

Contohnya adalah saat pertandingan melawan LA Lakers pada tanggal 28 Februari 2020 lalu. Dalam pertandingan tersebut, Warriors dibabat habis oleh Lakers dengan skor telak 86-116 atau selisih 30 angka.

© Ezra Shaw/Getty Images
Laga NBA antara LA Lakers vs Golden State Warriors. Copyright: Ezra Shaw/Getty ImagesLaga NBA antara LA Lakers vs Golden State Warriors.

Berdasarkan statistik dari NBA, pada pertandingan itu juga melalukan turnovers atau kesalahan sebanyak 26 kali. Saat memegang bola pun mereka berhasil direbut sebanyak 13 kali oleh para pemain Lakers.

Bukan hanya itu saja, bisa dikatakan yang lebih parah adalah saat melawan Brooklyn Nets pada tanggal 6 Februari 2020, di mana Golden State Warriors yang tidak diperkuat oleh Stephen Curry dihajar dengan skor lebih memalukan, yakni 88-129 atau selisih 41 angka.

Hal ini jelas miris, mengingat Nets tidak diperkuat oleh dua pemain bintang mereka akibat cedera, yakni Kyrie Irving dan Kevin Durant.

© Mike Stobe/GettyImages
Pertandingan NBA antara Golden State Warriors vs Brooklyn Nets yang masih tidak diperkuat oleh Stephen Curry. Copyright: Mike Stobe/GettyImagesPertandingan NBA antara Golden State Warriors vs Brooklyn Nets yang masih tidak diperkuat oleh Stephen Curry.

Padahal, dalam pertandingan ini Warriors melakukan turnovers hanya sedikit, yaitu 7 points saja, berbeda jauh dengan Nets yang tercatat memiliki turnovers sebanyak 13 kali dalam pertandingan tersebut.

Hanya saja, penyelesaian dan motivasi Warriors dalam pertandingan tersebut benar-benar tidak ada. Bayangkan, upaya peluang yang diciptakan mereka hanya tercipta 35 yang tepat mengenai sasaran dari 96 percobaan, berbanding jauh dengan Nets yang memiliki 51 tembakan yang sesuai sasaran dari 100 percobaan.

Kini, kehadiran Stephen Curry dalam roster Golden State Warriors benar-benar bagaikan virus penyemangat yang memberikan mental pemenang.

© Noah Graham/GettyImages
Setiap Stephen Curry memegang bola, pendukung tim basket NBA, Golden State Warriors langsung memberikan sorakan pujian untuknya. Copyright: Noah Graham/GettyImagesSetiap Stephen Curry memegang bola, pendukung tim basket NBA, Golden State Warriors langsung memberikan sorakan pujian untuknya.

Dalam pertandingan melawan Raptors beberapa jam yang lalu, nama Curry terus dikumandangkan dan menjadi sorotan.

Tak heran jika tribun penonton Oracle Arena juga banyak terlihat nama Stephen Curry yang ingin melihat pemain kesayangannya itu bisa menjadi oase bagi Warriors.

Dalam pertandingan tadi, Stephen Curry menyumbangkan 23 points bagi Warriors. Jumlah yang bisa dibilang cukup banyak bagi pemain yang telah lama absen.

© Ezra Shaw/GettyImages
Aksi three points shots dari pemain megabintang Golden State Warriors, Stephen Curry saat melawan Toronto Raptors. Copyright: Ezra Shaw/GettyImagesAksi three points shots dari pemain megabintang Golden State Warriors, Stephen Curry saat melawan Toronto Raptors.

Statistik yang terlihat dalam pertandingan tadi memang Warriors masih kalah dibandingkan dengan Raptors.

Namun yang terpenting adalah kembalinya Stephen Curry dalam pertandingan tadi benar-benar memberikan semangat yang tinggi dan mental pemenang bagi Warriors.

Terbukti hingga menit akhir Warriors masih mau berusaha untuk mencuri poin untuk membukukan kemenangan.

Mungkin wajar jika Curry belum bisa memberikan kemenangan bagi Warriors dalam pertandingan perdananya pasca kembali cedera, mengingat lawannya adalah Toronto Raptors yang merupakan juara bertahan NBA.

Namun demikian, pada pertandingan selanjutnya saat Golden State Warriors melawan Philadelphia 76ers yang digelar hari Minggu (08/03/20), bukan tak mungkin jika Stephen Curry bisa memberikan kemenangan bagi timnya.

1