5 Fakta Kawhi Leonard yang Tak Banyak Diketahui Orang

Senin, 13 April 2020 15:41 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ezra Shaw/GettyImages
Berikut lima hal tentang bintang basket LA Clippers, Kawhi Leonard, yang tak banyak diketahui orang. Copyright: © Ezra Shaw/GettyImages
Berikut lima hal tentang bintang basket LA Clippers, Kawhi Leonard, yang tak banyak diketahui orang.

INDOSPORT.COM - Kawhi Leonard merupakan salah satu pemain top di NBA. Namun, pemain LA Clippers berjuluk The Claw ini adalah pribadi yang tertutup, sehingga banyak fakta yang tidak diketahui orang.

Nama Kawhi Leonard melejit usai membawa Toronto Raptors juara NBA pada musim 2018-2019. Raptors yang tak diunggulkan di NBA Finals saat berhadapan dengan Warriors ternyata bisa membuat kejutan.

Pada akhir musim, Leonard yang tak memperpanjang kontrak bersama Raptors akhirnya menjadi rebutan dua klub asal Los Angeles, yakni LA Lakers dan LA Clippers.

Akhirnya, Leonard sendiri memilih merapat ke Clippers dan berduet dengan Paul George yang diboyong dari Oklahoma City Thunder.

Meski Leonard adalah salah satu pemain top di NBA, ia dikenal tertutup sehingga banyak fakta menarik yang belum diketahui orang. Dilansir dari laman berita basket Clutch Points, berikut INDOSPORT rangkum 5 fakta Kawhi Leonard yang tak banyak diketahui oleh penggemar NBA:

1. Bukan prospek terbaik di SMA

Kawhi Leonard bersekolah di Martin Luther King, California. Di masa SMA, ia memenangkan California Mr.Basketball. Meski begitu, Leonard tak direkrut oleh sekolah Pac-10 mana pun kala itu.

Menurut pelatih basket di SMA-nya, Leonard adalah pemain yang tidak disorot oleh media dan pencari bakat serta pelatih di perguruan tinggi.

2. Idolakan Michael Jordan

Kawhi Leonard tumbuh dengan mengidolakan Michael Jordan. Hal itu tak mengherankan bahwa analis NBA mengatakan bahwa permainan dan fisik Leonard memang menyerupai Jordan.

Menurut teman-temannya, Leonard sering menghabiskan waktu untuk menonton highlight Michael Jordan, bahkan saat ia sedang makan.

"Saya (mengidolakan) Mike. Anda suka LeBron, Kobe? Ya mereka keren. Tapi saya suka Mike. Saya ingin menjadi yang terbaik," ucap Leonard.

3. Sempat mempertimbangkan berkarier di NFL

Saat masa SMA, Kawhi Leonard melawatkan uji coba bola basket pada tahun pertama karena ibunya tidak bisa mengantarnya ke gimnasium.

Oleh karena itu, pada tahun pertamanya di SMA, Leonard bermain American Football. Ia pun sempat ingin berkarier di NFL karena punya sepupu yang berkarier di sana. Namun, Leonard berhenti dan melanjutkan fokusnya di bola basket.

4. Pemain dengan presentase kemenangan tertinggi di NBA

Kawhi Leonnard punya statistik apik. Ia adalah pemain dengan presentase kemenangan tertinggi dalam sejarah NBA, yakni sebesar 75,3 persen.

Akan tetapi, mengingat Kawhi Leonard masih menjadi pemain aktif di NBA, statistik itu pun masih bisa berubah, baik turun atau bahkan naik.

5. Putranya adalah warga negara Kanada

Meski sudah meninggalkan Toronto, Kawhi setidaknya akan memiliki kenangan tersendiri di Kanada. Pasalnya, putranya terlahir di Kanada saat ia bermain untuk Raptors.

Menurut laporan, putra Kawhi Leonard lahir di Rumah Sakit Mount Sinai di Toronto. Nah, mengacu undang-undang di sana menyatakan bahwa siapa pun yang lahir di sana secara otomatis akan menjadi warga negara, bahkan jika orang tua mereka bukan orang Kanada.