Apa Kabar Patrick Ewing? 'Monster' NBA Tanpa Cincin Juara

Rabu, 15 April 2020 07:45 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Indra Citra Sena
© NBA
Patrick Ewing, salah satu center terbaik dalam sejarah NBA yang dikenal sebagai legenda New York Knicks Copyright: © NBA
Patrick Ewing, salah satu center terbaik dalam sejarah NBA yang dikenal sebagai legenda New York Knicks

INDOSPORT.COM - Patrick Aloysius Ewing adalah salah satu center terbaik dalam sejarah NBA yang dikenal sebagai legenda New York Knicks. Kini bagaimana kabarnya?

Lahir di Jamaika, 5 Agustus 1962, Ewing belajar basket saat memasuki SMA di Cambridge Rindge and Latin. Memiliki kelebihan tubuh dan atletis tak butuh waktu lama bagi Ewing jago dalam bermain basket.

Setelah itu, Ewing pun menekuni basket dan ia tumbuh menjadi salah satu atlet yang punya prospek cerah di perguruan tinggi bersama Georgetown.

Alhasil, Patrick Ewing pun menjadi pemain pilihan pertama pada NBA Draft 1985. Bersama New York Knicks, namanya semakin dikenal karena permainan yang tak kenal lelah, bahkan langsung dinobatkan sebagai NBA Rookie of The Year di musim pertama.

Selama berkarier bersama Knicks, Ewing berulang kali membawa timnya lolos ke babak Playoffs. Punya gaya permainan bertenaga dan tak pernah lelah, dia dijuluki 'The Beast of The East'.

Sayang, meski permainannya mentereng dan menjadi tumpuan di Knicks, Patrick Ewing belum tidak memiliki cincin juara NBA. Pencapaian terbaiknya di Knicks sebatas menembus final sebanyak dua kali.

Meski begitu, Ewing patut berbangga karena memiliki segudang prestasi individu, terlebih masuk dalam NBA All-Star sebanyak 11 kali. Selain itu, jersey nomor 33 nya telah dipensiunkan oleh Knicks.

Ewing juga menjadi salah satu pemain yang masuk dalam NBA 50th Anniversary All-Time Team dan ia masuk Hall of Fame pada 2008. Selain berseragam Knicks, dia sempat membela Seattle SuperSonic dan Orlando Magic sebelum memutuskan pensiun pada 18 September 2002.

Setelah musimnya berakhir, Ewing langsung mengambil pekerjaan untuk menjadi asisten pelatih bersama Washington Wizards. Ternyata, dia menikmati menjadi pelatih dan ia menimba ilmu dengan berbagai tim di NBA.

Tercatat, ia pernah menjadi pelatih di Houston Rockets, Orlando Magic, dan Charlotte Hornets. Pengalamannya menjadi asisten pelatih itulah yang membuat Patrick Ewing kemudian berfokus untuk mengembangkan bakat para pemain muda di perguruan tinggi.

Mulai pada tahun 2017, Ewing menjadi pelatih di almamaternya, yakni Georgetown. Hingga kini, dia pun masih aktif melatih di Georgetown.

Sementara itu, selama 17 tahun berkarier di NBA bersama Knicks, SuperSonic, dan Magic, Patrick Ewing total sudah mencetak 24.815 poin, 11.617 rebound, serta 2.215 assist.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%