On This Day: John Stockton Catatkan 13.000 Assists di NBA

Jumat, 17 April 2020 20:48 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Arum Kusuma Dewi
© [email protected]#johnhoustonstockton
Legenda NBA, John Houston Stockton. Copyright: © Instagram@#johnhoustonstockton
Legenda NBA, John Houston Stockton.

INDOSPORT.COM - Legenda Utah Jazz, John Stockton disebut sebagai raja assist di NBA. 21 tahun lalu, tepatnya tanggal 17 April Stockton mencatatkan 13.000 assists dalam kariernya.

John Stockton dikenal sebagai rajanya point guard. Bagaimana tidak, ia memuncaki daftar assists dalam sejarah NBA. Selama kariernya di NBA, Stockton mengoleksi 15.806 assists.

Nah, 21 tahun yang lalu, Stockton juga menjadi pemain pertama di NBA satu-satunya yang berhasil mencetak 13.000 assists. Momen tersebut ditorahkan ketika Utah Jazz mengalahkan LA Lakers dengan skor akhir 109-93.

Dalam laga tersebut, catatan 13.000 ribu assists Stockton dikoleksi setelah memberikan umpan kepada duetnya, Karl Malone. Keduanya adalah duet yang melegenda di Jazz.

John Stockton dan Karl Malone sendiri menghabiskan 18 musim bersama sebagai rekan satu tim di Utah Jazz. Berkat performa apiknya, Stockton dan Karl Malone juga masih dalam Hall of Fame.

Sampai saat ini, raihan 15.806 assists yang dicetak Stockton tidak tergoyahkan. Bahkan ia adalah satu-satunya pemain di NBA yang mampu mengoleksi 13.000 assists.

Pasalnya, pemain kedua dengan assist terbanyak di NBA, yakni Jason Kidd hanya mengoleksi catatan 12.091 assists. Selain assist, Stockton juga andal dalam urusan mencuri bola.

Lagi-lagi nama Stockton berada di daftar puncak pemain terbanyak melakukan steal dalam sejarah NBA. Stockton mengoleksi catatan steal sebanyak 3.265 kali.

Sayangnya, prestasi individual Stockton yang mentereng itu tidak dibarengi oleh kesuksesan klubnya untuk meraih juara NBA. Stockton yang memiliki duet hebat, yakni Karl Malone selalu gagal membawa Jazz juara NBA.

Capaian terbaik Stockton bersama Utah Jazz yaitu membawa timnya masuk ke NBA Final dua musim beruntun pada tahun 1997 dan 1998. Akan tetapi, di babak final mereka selalu kalah dari tim terbaik kala itu, yakni Chicago Bulls bersama Michael Jordan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%