5 Pemain NBA dengan Gelar Juara Terbanyak: Tak Ada Jordan

Senin, 20 April 2020 16:07 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Gonzalo Marroquin/Getty Images
Bill Russell legenda Boston Celtics merupakan pria yang sudah 13 kali meraih gelar juara NBA. Copyright: © Gonzalo Marroquin/Getty Images
Bill Russell legenda Boston Celtics merupakan pria yang sudah 13 kali meraih gelar juara NBA.

INDOSPORT.COM - Michael Jordan sudah dikenal sebagai salah satu pebasket terbaik sepanjang masa. Tapi dalam hal juara terbanyak NBA, dirinya gagal masuk peringkat lima besar di dunia.

Nama Jordan sudah melegenda sebagai salah satu shooting guard terbaik sepanjang masa Chicago Bulls. Karena statusnya itu bisa ditebak berbagai penghargaan pernah ditorehkannya sebut saja 14 penampilan All Star, 11 kali All NBA, lima kali MVP, dan enam kali Finals MVP.

Tak heran prestasinya secara individual itu juga tercermin ketika sukses buat Bulls meraih juara NBA enam kali. Uniknya torehan prestasi ini mampu dilakukan Jordan ketika umumkan pensiun untuk pertama kali dan kemudian kembali lagi pada tahun 1995.

Meski sukses raih juara cukup banyak, Jordan rupanya tetap tak mampu saingi peraih gelar terbanyak NBA yang bisa mencapai 11 kali. Siapa saja mereka? Berikut portal berita INDOSPORT merangkum lima pebasket dengan gelar juara terbanyak.

5. Tom Heinsohn

Tom Heinsohn tercatat hanya mainkan sembilan musim di NBA bersama Boston Celtics, tapi itu tidak menghentikannya untuk torehkan prestasi mencengangkan. Bagaimana tidak, dirinya mampu persembahkan delapan gelar juara.

Selain itu Heinsohn juga sempat ikut All Star enam kali, All NBA empat kali, dan raih penghargaan Rookie of the Year. Sejak main di Celtics 1956, dirinya mampu catatkan statistik apik dengan rata-rata Points Per Game (PPG) 18,6 dan 8,8 rebounds.

4. KC Jones

Bergabung ke Celtics nampak memang memberikan mukjizat bagi KC Jones yang mampu raih juara delapan kali layaknya Heinsohn. Meski sukses torehkan penghargaan terbaik bagi tim, dia bukanlah bintang andalan.

Jones tercatat memiliki rata-rata 7,4 PPG dan 4,3 assists dalam rata-rata waktu bermain 25 menit di lapangan. Sang point guard legendaris pernah bermain bagi Celtics antara tahun 1958 hingga 1967 dan sempat putuskan jadi pelatih setelah pensiun.

3. Tom Sanders

Sama dengan dua pendahulu dari Celtics, Tom Sanders juga mampu torehkan juara NBA delapan kali. Gabungnya dia ke tim basket asal Boston tersebut cenderung tepat karena sempat merasakan masa-masa keemasan berjaya antara 1960 sampai 1970.

Statsitik Sanders juga lumayan setalh mampu torehkan 9,6 PPG, 6,3 rebounds, dan 1,1 assists sepanjang 13 musim di Boston. Legenda basket ini juga masuk jajaran loyal karena tak pernah absen pada NBA musim 1968-1969 dan 1971-1972.

2. Sam Jones

Kembali lagi predikat peraih juara terbanyak diambil alih oleh mantan pemain Celtics. Ada Sam Jones yang wajib masuk daftar dinasti gemilang tim basket asal Boston setelah sumbangsih 10 titel juara NBA.

Hebatnya lagi torehan Jones bersama Celtics nyaris secara beruntun dari tahun 1957 hingga 1969. Pebasket ikonik nomor punggung 24 ini mampu catatkan statistik tinggi dengan 25 PPG dan 5,1 rebounds, sehingga sukses masuk Hall of Fame 1984 silam.

1. Bill Russell

Terakhir ada pembawa gelar juara terbanyak yang mampu melebihi jumlah jari dari dua tangan dan dialah Bill Russell. Bermain selama 13 musim, dirinya mampu sumbangkan gelar juara NBA sebanyak 11 kali.

Russell masuk salah satu pebasket masa gemilang Celtics di akhir tahun 1950 dan 1960 setelah mampu catatkan statistik 15,1 PPG, 22,5 rebounds, dan 4,3 assists. Sang legenda juga sempat raih 12 kali All Star, 11 kali All NBA, 5 kali MVP dan masuk Hall of Fame 1975.