9 Bintang Aktif NBA yang Ternyata Seorang Muslim

Rabu, 6 Mei 2020 19:00 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© nba.com
NBA merupakan liga bola basket terakbar, tempat berkumpulnya beragam pemain dari berbagai negara, ras, dan agama Copyright: © nba.com
NBA merupakan liga bola basket terakbar, tempat berkumpulnya beragam pemain dari berbagai negara, ras, dan agama

INDOSPORT.COMNBA merupakan liga bola basket terakbar, tempat berkumpulnya beragam pemain dari berbagai negara, ras, dan agama. Hal ini terbukti dengan adanya sejumlah pemain Muslim meskipun Islam merupakan minoritas di Amerika Serikat.

Sejumlah legenda NBA bahkan diketahui merupakan seorang Muslim, seperti Kareem Abdul-Jabbar, Hakeem Olajuwon, dan Shaquile O’Neal.

Pada gelaran NBA musim ini, diketahui ada 9 pemain yang merupakan seorang Muslim. Siapa saja? Berikut ini redaksi berita olahraga  INDOSPORT akan memperkenalkan kesembilan pemain tersebut.

1. Enes Kanter (Boston Celtics)

Kanter merupakan pemain keturunan Turki yang bermain untuk Boston Celtics. Ia dikenal sebagai Muslim yang rajin menjalankan ibadah puasa, bahkan ketika bertepatan dengan musim playoffs. Kanter juga sempat mengunjungi Indonesia 3 tahun lalu untuk memberikan coaching clinic.

2. Dion Waiters (Lakers)

Waiters pernah dianggap pemain muda menjanjikan ketika menjadi NBA Rising Star dan masuk kandidat Rookie of The Year pada tahun 2013 bersama Cavs. Namun permainannya mulai menurun sehingga ia berpindah-pindah klub sebelum bergabung dengan Lakers pada Maret 2020 lalu.

3. Dennis Schroder (OKC Thunder)                   

Pemain berposisi point guard ini dikenal memiliki kemiripan dengan Rajon Rondo, khususnya dalam gaya permainan. Selain menjadi andalan Thunder, Schroder juga anggota tim nasional basket Jerman dan beberapa kali membela negara tersebut di ajang Eurobasket.

4. Al Farouq Aminu (Orlando Magic)

Aminu mengawali kariernya di NBA setelah dipilih oleh LA Clippers pada NBA Draft 2010. Pemain yang kini bermain untuk Orlando Magic ini pernah membuat prestasi bersama timnas Nigeria, dengan menjuarai Kejuaraan Africa (Afrobasket) pada tahun 2015 lalu.

5. Jusuf Nurkic (Trailblazers)

Pemain asal Bosnia ini merupakan center andalan Portland Trailblazers dengan tampil sebagai starter lebih dari 140 kali dalam dua musim terakhir. Sebelum di NBA, Nurkic berkarier di Liga Kroasia dan meraih sukses besar dengan menjadi juara liga dan terpilih menjadi MVP Finals

6. Gorgui Dieng (Grizzlies)

Dieng yang sejak Februari 2020 lalu bergabung dengan Grizzlies, sebelumnya merupakan andalan Minnesotta Timberwolves yang tampil 498 kali bersama klub tersebut.  Ia juga pemain andalan timnas Senegal dan sempat tampil bersama negaranya di ajang FIBA World Cup 2014.

7. Kenneth Faried (Free Agent)

Faried sempat menjadi andalan Denver Nuggets  dari kurun 2011-2018. Ia kemudian hijrah ke Brooklyn Nets dan Houston Rockets, sebelum melanglang buana untuk bergabung dengan  Zhejiang Lions di liga Cina. Kontraknya di tim asia itu diputus Desember tahun lalu sehingga sekarang ia berstatus free agent.

8. Ersan Ilyasova (Bucks)

Ilyasova merupakan pemain keturunan Turki yang dikenal gemar berpindah klub, dan bahkan pernah bermain di Spanyol bersama Barcelona. Ia kini membela Bucks yang dulunya merupakan tim pertama yang ia bela ketika ia memasuki NBA pada tahun 2005.

9. Rondae Hollis-Jefferson (Raptors)

Pemain berusia 25 tahun ini merupakan forward andalan Toronto Raptors sejak 2019. Ia bergabung dengan klub asal Kanada itu setelah meninggalkan Brooklyn Nets yang dibelanya selama 4 musim. Pada musim terakhirnya di Nets, ia berhasil membawa tim tersebut lolos ke babak playoffs.