Apa Kabar Dennis Rodman? Eks Rekan Jordan yang Kini Jadi Teman Kim Jong-un

Rabu, 6 Mei 2020 17:29 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© The Sporting News/Getty Images
Pecinta basket NBA tentu mengenal nama Dennis Rodman, mantan rekan setim Michael Jordan ketika Chicago Bulls menguasai kompetisi tersebut. Copyright: © The Sporting News/Getty Images
Pecinta basket NBA tentu mengenal nama Dennis Rodman, mantan rekan setim Michael Jordan ketika Chicago Bulls menguasai kompetisi tersebut.

INDOSPORT.COM – Pecinta basket NBA tentu mengenal nama Dennis Rodman, mantan rekan setim Michael Jordan ketika Chicago Bulls menguasai kompetisi tersebut.

Dennis Keith Rodman lahir dari pasangan Philander Rodman Jr yang merupakan anggota Angkatan Udara AS dan Shirley Rodman.  

Uniknya, berbeda dengan orang-orang yang hanya memiliki jumlah saudara yang bisa dihitung dengan jari, Rodman mengaku dirinya merupakan anak pertama dari 47 bersaudara.  

Meski lebih terkenal sebagai pemain Chicago Bulls, Dennis Rodman tidak mengawali kariernya bersama klub tersebut. Rodman justru mengawali kariernya di NBA dengan bergabung bersama Detroit Pistons melalui NBA Draft 1986.

Bersama Pistons, Rodman langsung meraih kesuksesan dengan membantu tim tersebut menjadi juara NBA pada tahun 1989. Ia kemudian meraih gelar juara keduanya bersama Pistons, hanya satu musim kemudian.

Namun meskipun meraih sukses bersama Pistons, ia justru dilepas ke San Antonio Spurs dan bergabung dengan klub tersebut selama dua musim sebelum kemudian berlabuh ke pelukan Chicago Bulls pada usia 31 tahun.

Bersama Bulls pulalah Rodman kemudian mengukuhkan nama besarnya. Bersama Michael Jordan dan Scottie Pippen, Rodman menjadi andalan pelatih Phil Jackson yang membawa Bulls menjuarai NBA selama 3 musim beruntun.  

Namun sayangnya kebersamaan Rodman bersama Bulls tidak bertahan lama. Setelah merebut gelar ketiga, Bulls meregenerasi tim dan melepas para bintang gaeknya, termasuk Jordan, Pippen, dan Rodman.

Ia kemudian bergabung dengan klub asal kota masa kecilnya, Dallas Mavericks, sebelum kemudian memutuskan untuk pensiun dari NBA. Meski demikian, Rodman sempat kembali ke lapangan basket dan bermain di luar negeri, tepatnya di Meksiko dan Finlandia.

Sepanjang kariernya, Rodman dikenal sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah NBA. Ia mencatat rekor 7 kali terpilih sebagai NBA All Defensive Team dan 7 kali menjadi pencetak rebound terbanyak sepanjang musim, dan secara total telah mencetak 11,954 rebound sepanjang karier di NBA

Seusai gantung sepatu, Rodman sempat beralih cabang olahraga dengan menjajal gulat dan pernah tampil bersama pegulat legendaris Hulk Hogan.

Di luar olahraga, Rodman juga sempat menjajal karier di dunia akting. Ia bahkan sempat membintangi dua film, termasuk bersama aktor laga Jean-Claude van Damme dalam film berjudul Double Team.

Nama Rodman belakangan muncul kembali seiring beredarnya kabar meninggalnya pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un. Pasalnya, Rodman dikenal sebagai salah satu sosok yang memiliki hubungan akrab dengan Kim. Ia bahkan sempat mendoakan Kim sebelum sang tokoh politik santer dikabarkan meninggal dunia.

Sebelumnya, Rodman diketahui pernah beberapa kali mengungjungi Kim di Korea Utara, tapi kedekatan tersebut justru membuatnya dicurigai oleh pemerintah AS.

Pada tahun 2014, Rodman diselidiki Departemen Keuangan AS karena membawakan Kim beberapa hadiah mewah kala berkunjung.

Perjalanan terakhir Rodman ke Korea Utara dilakukan pada tahun 2017 dan 2018, ketika dia terlibat dalam pertemuan KTT Korea Utara – Amerika Serikat.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%