Meski Lebih Berpengalaman, NBA Seharusnya Belajar dari IBL

Sabtu, 9 Mei 2020 18:51 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© The Fine Line
Logo NBA. Copyright: © The Fine Line
Logo NBA.

INDOSPORT.COM – Bagi pencinta basket sejati, menyaksikan pertandingan kompetisi NBA pastinya sangat menyenangkan, terlebih melihat tim kesayangan menang.

Tak hanya itu, ditambah dengan adanya kompetisi lokal, Indonesian Basketball League (IBL) pastinya membuat kehidupan penggemar basket semakin berwarna.

Hanya saja, sejak adanya pandemi virus corona yang beredar pada awal hingga memasuki pertengahan tahun 2020 ini, kompetisi NBA dan IBL harus dihentikan, termasuk seluruh cabang olahraga lainnya.

Wajar jika pihak kompetisi tidak ada yang berani janji kapan mereka akan kembali menggelar pertandingan lagi, mengingat virus corona masih belum benar-benar berakhir.

Komisaris NBA, Adam Silver bahkan sempat merasa geram ketika ditanya kapan ia akan kembali menggelar pertandingan yang sebentar lagi masuk dalam tahap playoff.

“Situasi saat ini sangat sulit, saya benar-benar tidak tahu dan belum bisa pastikan kapan pertandingan akan kembali digelar karena keadaan yang memang tidak memungkinkan,” jelas Adam Silver beberapa waktu lalu dilansir CBS.

© David Dow/NBAE via Getty Images
Adam Silver Copyright: David Dow/NBAE via Getty ImagesAdam Silver, komisaris NBA.

Walaupun tidak yakin dan tidak tahu kapan NBA akan kembali digelar, pastinya Adam Silver beserta pihaknya tidak tinggal diam dan terus mencari hari yang tepat untuk kembali membuka pertandingan NBA.

Meski demikian, tampaknya Adam Silver perlu belajar atau mengikuti contoh yang dilakukan oleh kompetisi basket Tanah Air, IBL yang belum lama ini menciptakan inovasi baru di saat pandemi virus corona masih merebak.

Ya, IBL menciptakan kompetisi virtual melalui pertandingan eSports agar para penggemar basket lokal bisa mengetahui bagaimana kiprah pebasket Tanah Air saat sedang bermain langsung dengan bermain di dunia game.

Belum lama ini, IBL eSports telah selesai, di mana pebasket muda milik Amartha Hangtuah, Aditya Lumanauw berhasil keluar sebagai juara atau pemenang pada seri pertama dengan mengalahkan bintang NSH Jakarta, Widyanta Teja.

IBL eSports sendiri merupakan pertandingan antar pemain yang mengadu bakat dalam pertandingan di NBA 2K20.

Walaupun terlihat sederhana, namun setidaknya masih bisa menghibur para penggemar basket di tanah air.

Seandainya saja NBA juga menyediakan kompetisi yang sama, bukan tak mungkin para penggemar basket dunia bakal banyak yang menonton.

Apalagi jika melihat pemain-pemain berlabel bintang seperti LeBron James, Stephen Curry, James Harden, atau Giannis Antetokounmpo yang telah membuktikan kualitasnya di lapangan dengan menunjukkan kualitas mereka di dunia game.

Namun kembali lagi, setiap pihak pastinya punya kebijakan masing-masing yang perlu dihormati. IBL sudah menjalankan tugasnya dengan baik untuk menghibur para penggemarnya dan pastinya NBA juga sedang menyusun rencana untuk melakukan hal yang sama, yaitu memberikan yang terbaik bagi para pencinta basket sejati.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%