eSports

Ikut Kejuaraan eSports FIBA Open 2020, Indonesia Lawan Filipina

Jumat, 19 Juni 2020 14:18 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© PP Perbasi
Tim eSports FIBA Indonesia. Copyright: © PP Perbasi
Tim eSports FIBA Indonesia.

INDOSPORT.COM - Indonesia akan ikut tanding di kejuaraan FIBA eSports Open 2020 pada 19-21 Juni 2020. Turnamen ini diikuti 17 negara yang dibagi dalam lima wilayah, yakni Oceania, South East Asia, Middle East, Europen, dan South American.

Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) mengumumkan baru-baru ini untuk pertama kali kompetisi bola basket virtual (esports competition) antar negara. Kompetisi itu bertajuk the FIBA eSports Open 2020. FIBA sangat senang bergabung dengan gerakan esports bersama dengan Federasi Anggota nasionalnya, sebagai bagian dari proyek percontohan ini.

Seri perdana game e-basketball ini berlangsung 19-21 Juni 2020. Tim-tim nasional yang berpartisipasi termasuk Argentina, Australia, Austria, Brasil, Siprus, Indonesia, Italia, Latvia, Lebanon, Lithuania, Selandia Baru, Filipina , Rusia, Arab Saudi, Spanyol, Swiss, dan Ukraina.

Setiap tim akan terdiri dari tujuh pemain, lima di lapangan dan dua cadangan. Gim akan dimainkan dari jarak jauh di NBA 2K menggunakan mode Pro-AM dan memungkinkan penyesuaian penuh avatar pemain, seragam, dan desain arena.

"FIBA sangat bangga dan bersemangat memulai perjalanan Esports-nya dengan FIBA Esports Open 2020. Ini adalah proyek percontohan permainan antara tim-tim nasional bekerja sama dengan NBA 2K," kata Frank Leenders, FIBA Media and Marketing Services Director General melalui rilisan yang diterima INDOSPORT.

Dalam menghadapi kejuaraan FIBA eSports Open 2020, Timnas Indonesia sudah melakukan pencarian pemain sejak bulan Mei 2020, bekerjasama dengan tim eSports loval, OPI Gaming.

Pencarian pemain dilakukan dengan penetrasi ke komunitas gamers NBA2K, melakukan beberapa turnamen kecil guna mendapatkan pemain-pemain terbaik yang siap membela Indonesia dalam menghadapi turnamen FIBA Esports Open 2020.

Ada enam pemain yang masuk dalam roster Timnas Basket eSports Indonesia, yakni, Fraed Duncker, Aldo Tedjadharma, Dominikus Rendy, Leonardo Paulus (kapten), Ray Antonio, dan Ridho Aulia.

"eSpports itu potensial. Siapa tahu kita bisa berbicara banyak di sana,” kata Andiko Ardi Purnomo, wakil Badan Tim Nasional (BTN) dalam perkenalan dengan timnas secara daring (virtual), Jumat pagi di Jakarta. “Maka kita menyiapkan tim nasional yang sudah melewati seleksi untuk berpartisipasi di sana,” ucap Andiko.

“Saya berharap para pemain ini bangga mewakili Indonesia dan semoga mereka sukses. Saya tidak tahu permainan ini namun saya selalu berdoa untuk kesuksesan tim Merah Putih,” ucap Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih dari Semarang.

Seluruh seri FIBA eSports Open 2020 akan diproduksi dari FIBA Esports Studio terbaru yang berlokasi di Riga, Latvia. Setiap hari ada show empat jam yang menampilkan hingga enam pertandingan. Setiap game akan disiarkan langsung di saluran Facebook, Twitch, dan YouTube FIBA dengan komentar langsung dalam bahasa Inggris.

Nah, di turnamen yang akan berlangsung pada 19-21 Juni, Indonesia akan tampil lima kali dalam tiga hari melawan Filipina. Berikut jadwalnya

Jumat, 19 Juni 2020

Pukul 17.45 WIB - Filipina vs Indonesia

Pukul 18.25 WIB - Indonesia vs Filipina

Sabtu, 20 Juni 2020

Pukul 17.45 WIB - Filipina vs Indonesia

Pukul 18.25 WIB - Indonesia vs Filipina

Minggu, 21 Juni 2020

Pukul 17.45 WIB - Indonesia vs Filipina

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%