Deal! NBA Sepakat Kompetisi 2020/21 Dimulai 22 Desember

Jumat, 6 November 2020 16:59 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sam Greenwood/Getty Images
Miami Heat vs LA Lakers di game 5 final NBA, Sabtu (10/10/20). Copyright: © Sam Greenwood/Getty Images
Miami Heat vs LA Lakers di game 5 final NBA, Sabtu (10/10/20).

INDOSPORT.COM NBA mencapai kesepakatan untuk memulai kompetisi 2020/21 lebih awal. Setelah negosiasi selama berminggu-minggu, Asosiasi Pemain Basket Nasional (NBPA) menyetujui rencana NBA untuk mengawali kompetisi pada 22 Desember 2020.

Draft NBA akan dilangsungkan pada 18 November dan training camp berlangsung mulai 1 Desember.

“Dewan perwakilan NBPA sudah menyetujui secara tentatif tanggal dimulainya NBA pada 22 Desember 2020 untuk musim 2020/21 dan jadwal yang berisi 72 pertandingan,” tulis NBPA dalam pernyataannya, Kamis (05/11/20) waktu setempat.

Pada awalnya, NBA dan NBPA ingin memulai kompetisi pada Januari atau Februari tahun depan. Namun para pemilik klub mempertimbangkan pandemi virus corona yang belum akan reda dalam waktu dekat, membuat laga masih belum bisa dihadiri penonton.

Di sisi lain, pada awalnya para pemain sebetulnya tak setuju kompetisi dimulai lebih cepat dan memilih tanggal start di hari Martin Luther King Jr, pada 18 Januari.

Namun penundaan tanggal kompetisi akan membuat NBA kehilangan pemasukan hingga 1 miliar dolar AS, sebagaimana dilaporkan ESPN. Di musim ini saja, liga sudah rugi 4 miliar dolar gara-gara pandemi.

Sejumlah tim mungkin akan lebih dirugikan dengan percepatan kompetisi ini, seperti LA Lakers dan Miami Heat yang hanya bisa beristirahat selama tujuh pekan.

“Detail tambahan masih akan dinegosiasikan dan NBPA yakin semua pihak akan mencapai kesepakatan dalam masalah-masalah yang belum diselesaikan,” tutup pernyataan NBPA.

Detail yang dimaksud itu antara lain kesepakatan soal protokol kesehatan dan keamanan dan isu finansial untuk musim depan. NBA juga berencana untuk memanfaatkan arena-arena seperti biasa ketimbang bermain di bubble lagi.