Ada Kai Sotto, NBA Berharap Bisa Rekrut Makin Banyak Pebasket Asing

Kamis, 24 Desember 2020 12:34 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Instagram/upwardnow
Pebasket Filipina, Kai Sotto yang bermain di NBA G League. Copyright: © Instagram/upwardnow
Pebasket Filipina, Kai Sotto yang bermain di NBA G League.

INDOSPORT.COM – Bergabungnya Kai Sotto di NBA G League membuat masyarakat Asia Tenggara, khususnya Filipina lebih antusias dengan liga bola basket Amerika Serikat, NBA.

Hal ini diakui oleh Wakil Komisaris NBA, Mark Tatum, dalam global media call yang juga diikuti INDOSPORT, Selasa (22/12/20) malam.

“Kami menyaksikan antusiasme luar biasa di Filipina dengan keterlibatan Kai Sotto di tim Ignite. Ngomong-ngomong, Jalen Green juga punya darah Filipina juga dan dia adalah salah satu prospek top di draft NBA tahun depan.”

Meningkatnya antusiasme dengan kehadiran pemain Asia Tenggara, NBA pun percaya diri nantinya makin banyak pemain asing yang berlaga di sana. Apalagi mereka sudah memiliki sejumlah program untuk memupuk bibit-bibit calon pebasket hebat.

“Apa yang kami lihat adalah ketertarikan yang terus muncul terhadap NBA di Filipina dan belahan lain di dunia. Pemain seperti Kai Sotto yang berkembang dari program Junior NBA, sekarang bermain di tim kami di NBA G League Ignite.”

“Jadi ya, kita akan melihat lebih banyak pemain dari seluruh dunia,” lanjut Mark Tatum.

Ia menyebutkan contoh lainnya, yakni Princepal Singh yang lulusan akademi NBA dari India yang juga bermain bersama Kai Sotto di tim Ignite.

Di NBA musim 2020/21 sendiri menyimpan catatan unik, yakni memiliki 107 pemain asing dari 41 negara. Dalam daftar tersebut, ada rekor pemain Kanada yang mencapai 17 pemain dan menyamai rekor sebelumnya yakni 14 pemain dari Afrika.

“Kami terus berusaha investasi dari akar rumput di program Junior NBA dan program sekolah basket di seluruh dunia. Ada juga akademi NBA di beberapa negara. Nantinya mereka semua akan menjadi talenta-talenta elite yang bisa bermain di NBA,” pungkas Mark Tatum.

Untuk tujuh musim beruntun, Kanada masih menyumbang pemain asing terbanyak di NBA. Di tempat kedua ada Prancis yang mengirim sembilan pemain, lalu Australia dengan delapan pemain, serta Serbia dan Jerman yang sama-sama diwakili enam pemain.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%