Tacko Fall, Pemain Tertinggi NBA dengan Postur 2,26 Meter

Selasa, 29 Desember 2020 12:45 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Maddie Meyer/Getty Images
Pemain NBA Boston Celtics Tacko Fall (depan). Copyright: © Maddie Meyer/Getty Images
Pemain NBA Boston Celtics Tacko Fall (depan).

INDOSPORT.COM – Tinggi badan mungkin menjadi salah satu aspek penting dalam karier seorang pemain basket. Di NBA, pemain bertubuh lebih tinggi akan punya keuntungan besar kala melakukan serangan atau bertahan.

NBA dalam sejarahnya telah menyaksikan sejumlah pemain dengan tinggi badan luar biasa. Tercatat, pemain asal Rumania bernama Gheorghe Muresan adalah pebasket tertinggi dalam sejarah, dengan memiliki postur 2,31 meter.

Saat ini, pemain dengan tubuh tertinggi adalah Elhadji Tacko Sereigne Diop Fall alias Tacko Fall. Ia kini menjalin kontrak dua arah bersama Boston Celtics dan klub NBA G League bernama Maine Red Claws untuk musim 2020/21.

Tacko Fall memegang sejumlah rekor di NBA terkait tinggi badannya. Jika memakai sepatu, tingginya mencapai 2,31 meter dan 2,26 meter tanpa sepatu. Sportskeeda melansir, rentangan tangan Fall mencapai 250 cm, terlebar di NBA.

Ia juga tercatat sebagai pemain tertinggi di NBA G League dalam sejarahnya. Mengutip Yahoo Sports, Tacko Fall juga termasuk dalam 60 manusia tertinggi di muka Bumi.

Pemain kedua tertinggi di NBA saat ini adalah Boban Marjanovic. Pemain asal Serbia itu bermain untuk Dallas Mavericks dan memiliki tinggi badan 2,24 meter.

Tacko Fall lahir di Dakar, Senegal. Awalnya, ia tertarik bermain sepak bola. Namun ia dilirik oleh seorang pria bernama Ibrahim N’Diaye yang menawarinya untuk berlatih di akademi basket Senegal miliknya.

Ia kemudian pindah ke Amerika Serikat ketika berusia 16 tahun dan bermain di tim University of Central Florida. Ia lalu gagal direkrut pada NBA Draft 2019. Namun akhirnya ia meneken kontrak dengan Boston Celtics.

Tacko Fall hanya bermain dalam tujuh laga di Boston Celtics musim lalu. Dalam kiprah singkatnya itu, pemain berdarah Senegal tersebut mencatat rata-rata 3,3 poin per laga dan 2,1 rebounds per laga.

Seorang muslim taat, Tacko Fall beberapa kali dengan lantang mengkritik kebijakan Presiden Donald Trump yang cenderung menyudutkan masyarakat Muslim. Misalnya, ketika Presiden dari Partai Republik itu menutup sejumlah masjid pasca adanya teror di California dan Prancis yang melibatkan ekstrimis Islam tahun 2015 lalu.

Suka Duka Punya Badan Menjulang

Pada Maret lalu, Tacko Fall sempat viral karena membuat video tentang suka-duka memiliki tubuh kelewat tinggi.

Pertama, dukanya yakni ia mengatakan bahwa dirinya selalu susah saat mandi, karena tinggi badannya pasti melewati shower di kamar mandi mana pun, yang membuat harus menundukkan badannya ketika mandi.

Kedua, sukanya yakni ia dapat dengan mudah ketika ingin meletakkan barang-barang di ketinggian, khususnya ketika ingin meletakkan barang di atas lemari. Terlihat di video ia dapat dengan mudah menaruh boks di atas lemari.

Yang ketiga adalah, ketika Tacko Fall sedang berjalan melewati lorong, lagi-lagi dukanya adalah ia harus menundukkan badannya ketika melewati lorong pintu rumah. Karena kalau tidak, kepalanya akan terkena lorong pintu.

Terakhir, ia juga harus mengalami rasa tak nyaman ketika di dalam mobil. Pasalnya, kepala Tacko Fall pasti mentok dengan atap mobil. Belum lagi ketika keluar-masuk mobil, ia harus menunduk lebih dalam lagi.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%