Ini 5 Pebasket NBA yang Gajinya Lebih Besar Dibanding LeBron James

Kamis, 14 Januari 2021 19:47 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Yanto/Indosport.com
LeBron James. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
LeBron James.

INDOSPORT.COM - Atlet zaman sekarang bisa dibilang tidak lagi seperti para pelaku olahraga melainkan selebritas dunia, dengan ketenaran dan pendapatan yang cukup tinggi karena prestasinya.

Banyak orang awam yang kerap berpikir bahwa pendapatan tinggi hanya dimiliki oleh para pemain sepak bola. Sebab, olaharaga tersebut merupakan yang paling terkenal di dunia dan menguntungkan.

Namun faktanya, tidak demikian. Masih banyak atlet dunia dari kalangan olahraga lain, yang juga mampu meraup gaji tingggi salah satunya terdapat di olahraga basket.

Sama seperti sepak bola, basket saat ini khususnya di NBA sangatlah kental dengan dunia bisnis, karena popularitasnya yang sangat tinggi sehingga membuat banyak iklan dan investor masuk.

Alhasil, klub diuntungkan untuk memperoleh pundi-pundi keuangan. Selain itu, pemain juga ikut kecipratan lewat pembayaran gaji yang sangat tinggi.

Di NBA sendiri, nama LeBron James yang musim lalu mengantarkan LA Lakers juara bukanlah pemain dengan gaji tertinggi rupanya di NBA. 

James diibayar AS$37.436.858. James berada di urutan keenam dalam daftar pendapatan musim lalu. Faktanya ada lima pemain yang gajinya lebih tinggi daripada LeBron James. Inilah daftarnya:

1. Stephen Curry (Golden State Warriors) - 40,23 juta dolar AS

Stephen Curry mampu mengalahkan LeBron James sebanyak tiga kali dari empat pertemuan di Final kompetisi NBA. Kali ini Curry kembali unggul dari LeBron James dalam hal penghasilan di musim 2019/20.

Meski diganggu cedera dan hanya bermain lima pertandingan musim lalu, Curry berhasil meraih 40,2 juta dolar AS. Itu merupakan gaji tertinggi pemain NBA 2020..

2. Chris Paul (Oklahoma City Thunder) - 38,51 juta dolar AS

Chris Paul mendapat gaji lebih dari 38,5 juta dolar AS pada NBA musim 2019/20. Ini menjadi musim perdana sang pebasket bersama Oklahoma City Thunder, setelah pemain 35 tahun itu sebelumnya bermain bersama Houston Rockets.

Paul diprediksi akan mendapatkan uang hingga 85 juta dolar AS selama dua musim berikutnya. Secara catatan pertandingan, Paul mencetak rata-rata 17,7 poin dan 6,8 assist di musim reguler.

3. Russell Westbrook (Houston Rockets) - 38,18 juta dolar AS

Seperti LeBron James, Russell Westbrook juga pemain serba bisa. Westbrook mencatatkan tiga kali rata-rata tripel-dobel terbanyak selama satu musim penuh.

Dia juga pernah memenangkan MVP NBA tahun 2017. Pada musim pertamanya dengan Houston Rockets, sang pemain rata-rata mencetak 27,5 poin, 8,0 rebound, dan 7,0 assist per pertandingan, dengan bayaran lebih dari 38,1 juta dolar AS.

4. John Wall (Washington Wizards) - 37,80 juta dolar AS

Pada musim 2016/17, John Wall menjalani tahun terakhir dari kontraknya dengan Washington Wizards. Ia mampu mencetak rata-rata 23,1 poin dan 10,7 assist per pertandingan.

Kemudian, John Wall membuat perpanjangan kontrak selama empat tahun senilai lebih dari 171 juta dolar AS. Sejak itu, dia hanya memainkan 73 pertandingan, dan musim lalu dia tidak bermain karena cedera Achilles.

Namun nyatanya, John Wall masih punya gaji yang lebih besar ketimbang LeBron James.

5. James Harden - 37,80 dolar AS

Saat sebelum NBA dihentikan Maret lalu, James Harden menjadi pemimpin dalam hal mencetak poin dengan 34,4 poin per pertandingan. Bahkan ia berpeluang menjadi pencetak poin terbanyak di liga dalam tiga musim berturut-turut.

Musim lalu, gaji Harden sama persis dengan John Wall, 37,8 juta dolar AS, atau hanya beda beberapa ratus ribu dari LeBron James.