Masih Aktif Berlaga, Ini Rahasia Wendha Wijaya Awet Muda Menuju Usia Kepala Empat

Selasa, 2 Februari 2021 19:20 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Pipit Puspita Rini
© IBL Indonesia
Wendha Wijaya, pebasket senior klub Louvre Surabaya. Copyright: © IBL Indonesia
Wendha Wijaya, pebasket senior klub Louvre Surabaya.

INDOSPORT.COM - Eksistensi dan konsistensi Wendha Wijaya yang kini usianya hampir menuju kepala empat, yakni 38 tahun, untuk tetap aktif dalam dunia basket memang patut diacungi jempol.

Tercatat, pebasket yang kini membela klub Louvre Dewa United Surabaya ini telah melanglang buana sebagai atlet basket profesional selama hampir 20 tahun.

Masih menjadi andalan Louvre Dewa United pada musim IBL 2021, lantas apa rahasia Wendha bisa tetap aktif dan tampil maksimal di lapangan?

“Yang pasti, saat ini saya sedang mengikuti program latihan dari pelatih setiap hari di track, lapangan bola, fitness, dan lapangan basket. Jika kurang, saya akan menambah porsi latihan itu dengan gym dan berenang,” ujar Wendha antusias kepada tim humas IBL.

Tidak hanya olahraga dan latihan keras. Wendha juga memiliki trik khusus dalam beristirahat. Bukan hanya permainan, menurut dia, istirahat juga perlu strategi. Baginya, latihan tanpa istirahat adalah kesia-siaan.

Wendha mengungkapkan, setiap hari ia tidur jam sembilan malam, kemudian bangun pagi. Setelah itu, Wendha selalu menambah sesi istirahat pada tengah hari dengan tidur siang selama dua jam.

“Menurut saya, latihan itu tidak hanya di lapangan, istirahat itu juga penting. Untuk asupan makanan juga harus sehat dan bergizi, ditambah mutivitamin,” kata pemain yang memulai debutnya dari klub Satria Muda Jakarta tersebut.

Sebagai pemain paling senior di Louvre Dewa United Surabaya, Wendha mengaku semangatnya masih membara. Bahkan, ia merasa beban yang dipikul lebih berat karena harus menjadi panutan bagi pemain lain di timnya.

Maka dari itu, Wendha berusaha keras juga disiplin untuk menjaga kebugaran tubuhnya yang merupakan salah satu faktor penting untuk keberhasilannya bermain di lapangan.