Menkumham dan Menteri BUMN Siap Bantu Percepat Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia

Kamis, 4 Maret 2021 02:48 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© PP Perbasi
PP Perbasi sedang menyusun kekuatan Timnas Basket Indonesia yang akan turun di FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023. Copyright: © PP Perbasi
PP Perbasi sedang menyusun kekuatan Timnas Basket Indonesia yang akan turun di FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023.

INDOSPORT.COM - PP Perbasi sedang menyusun kekuatan Timnas Basket Indonesia yang akan turun di FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023. Upaya itu salah satunya dengan berkunjung ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Di Kementrian pimpinan Yasonna Laoly itu, PP Perbasi meminta dukungan untuk percepatan proses naturalisasi pemain. Perwakilan PP Perbasi yang hadir dalam pertemuan dengan Menkumham adalah Sekjend Nirmala Dewi dan Manager Timnas Elite Putra Maulana Fareza Tamrella. 

Hadir juga dalam pertemuan tersebut Mentri BUMN yang dikenal sebagai pecinta basket Indonesia Erick Thohir selaku sebagai FIBA Board Members. Pertemuan ditutup dengan foto bersama dengan memegang jersey timnas.

Usai bertemu Menkumham Yasonna Laoly, Sekjend PP Perbasi Nirmala Dewi mengaku senang. Ini karena Kemenkumham memberikan dukungan penuh atas upaya PP Perbasi. Bahkan Menkumham Yasonna siap membantu percepatan naturalisasi pemain yang akan diproyeksikan menguatkan permainan Timnas di dua ajang bergengsi tersebut.

"Kami berterima kasih atas dukungan dari Menkumham kepada Timnas Basket Indonesia yang akan hadapi FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023. Dalam rapat tadi, Kemenkumham bersedia membantu percepatan proses naturalisasi," ungkap Nirmala.

Diakui Nirmala, dukungan dari Kemenkumham ini melegakan. Sebab, ada secercah harapan bahwa kekuatan timnas nanti akan lebih bertenaga dengan suntikan pemain naturalisasi tersebut. Dukungan ini juga menambah motivasi dalam membentuk tim yang solid. 

"Kami berharap sebelum FIBA Asia Cup sudah selesai proses naturalisasi ini. Setidaknya Juni nanti mereka sudah gabung tim. Terima kasih kami ucapkan kepada Pak Menkumham dan Pak Menteri BUMN," terang wanita yang juga pernah menjabat Direktur Marketing Sriwijaya FC ini. 

Sebagaimana diketahui, pada FIBA Asia Cup 2021 Indonesia didaulat menjadi penyelenggara. Ajang ini akan diputar pada 16-28 Agustus 2021. Demikian juga dengan FIBA World Cup 2023. Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina. Kejuaraan ini akan dihelat pada 25 Agustus hingga 10 September 2023.