Hasil Basket SEA Games 2021: Runtuhkan Hegemoni Filipina Si Raja ASEAN, Indonesia Raih Emas Perdana

Minggu, 22 Mei 2022 17:24 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
© Perbasi
Timnas Basket Indonesia. Copyright: © Perbasi
Timnas Basket Indonesia.

INDOSPORT.COM – Timnas basket Indonesia mampu menyabet medali emas dalam ajang basket 5x5 SEA Games 2021 usai menundukkan jawara bertahan Filipina dengan skor 85-81.

Indonesia mampu memutus tren medali emas sang lawan, Filipina dalam pertandingan final SEA Games 2021 yang digelar pada hari Minggu (22/05/22).

Laga final basket SEA Games 2021 antara Indonesia dan Filipina sendiri digelar di Thanh Tri Gymnasium, Vietnam.

Pertandingan ini cenderung berjalan ketat, kendati Indonesia sempat mendominasi di quarter pertama dengan unggul 18-14.

Namun, pada quarter kedua, Abraham Damar Grahita cs justru mendapat tekanan dari Filipina, yang pada partai kali ini mampu terus menahan dengan jarak 36-32.

Quarter ketiga justru berjalan sangat ketat, karena Filipina beberapa kali mampu mengungguli Indonesia melalui penampilan apik sang guard, Matthew Wright.

Namun demikian, Indonesia yang pada pertandingan ini mengandalkan beberapa pemain, seperti Abraham Damar Grahita Marques Bolden, dan Derrick Michael mampu mengimbangi raihan poin yang dibuat Filipina..

Pada quarter ketiga, Indonesia mampu unggul atas Filipina dengan 63-60 dalam ajang final SEA Games 2021.

Filipina yang menjaga jarak poin dengan Indonesia pada tiga quarter sebelumnya kemudian sedikit menekan di awal quarter keempat.

Namun demikian, Indonesia mampu menyerang dengan tajam, dan mengandalkan Abraham Damar, Brandon Jawato, dan Andakara Prastawa yang mampu melepas tembakan tiga poin untuk menjaga keunggulan.