Timnas Basket Dibantai China, Ini Alasan Pelatih dan Kapten Indonesia

Selasa, 19 Juli 2022 07:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© fiba.basketball
Pertandingan antara Australia vs Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. Foto: fiba.basketball Copyright: © fiba.basketball
Pertandingan antara Australia vs Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. Foto: fiba.basketball

INDOSPORT.COM - Timnas basket Indonesia kalah dari China dibabak play off perempatfinal FIBA Asia Cup 2022 dengan skor 58-108 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (18/07/22).

Kekalahan itu sekaligus memupus harapan Indonesia tampil di Piala Dunia basket 2023 atau FIBA World Cup 2023 yang bakal berlangsung di Tanah Air.

Sejak awal China memang tidak memberikan kesempatan bagi Indonesia. Kuarter pertama selesai dengan skor 29-11. Ketangguhan tim tamu terus berlanjut di kuarter kedua dengan unggul 59-21.

Pada kuarter ketiga, China masih mendominasi 77-44. Lalu di kuarter akhir Indonesia dipastikan kalah 108-58.

Pelatih Indonesia Milos Pejic menilai anak asuhnya sudah berusaha mencetak poin, tapi tidak mudah. China unggul dari semua sektor, baik fisik maupun permainan. 

Selain unggul di paint area, China sangat akurat dalam tembakan jarak jauh. Defense, para pemain Negeri TiraI Bambu juga disiplin dan menutup alur passing dengan rapi sehingga menyulitkan Indonesia untuk membangun serangan. 

"China lebih baik, cepat dan kuat. Kita tak perlu bersedih, tapi harus terus melangkah. Para pemain ini layak mendapatkan satu kesempatan lagi untuk berjuang tampil di ajang yang lebih besar," kata Milos Pejic.