Keren, FIBA Puji Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Asia Terbaik Sepanjang Sejarah

Kamis, 28 Juli 2022 18:45 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© fiba.basketball
Pertandingan antara Australia vs Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. Foto: fiba.basketball Copyright: © fiba.basketball
Pertandingan antara Australia vs Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. Foto: fiba.basketball

INDOSPORT.COM – Indonesia mendapatkan pujian tinggi dari Federasi Basket Internasional (FIBA) karena disebut menjadi tuan rumah Piala Asia atau FIBA Asia Cup terbaik sebajak sejarah.

Diketahui, Indonesia baru saja sukses menjadi tuan rumah untuk ajang olahraga bertaraf internasional yakni FIBA Asia Cup 2022 yang berlangsung pada 12-24 Juli silam.

Sayangnya, Indonesia selaku tuan rumah gagal menjadi juara atau setidaknya meraih tiket menuju FIBA World Cup 2023.

Pasalnya, skuad Garuda tersingkir usai dikalahkan oleh China di babak play off FIBA Asia Cup 2022 pada 18 Juli 2022 kemarin.

Timnas Basket Indonesia harus mengakui keunggulan lawannya dengan skor jauh yakni 58-108 atas China di babak play off FIBA Asia Cup 2022.

Meski gagal meraih tiket menuju FIBA World Cup 2023, namun setidaknya Indonesia tetap mendapatkan pujian tinggi dari FIBA.

Pasalnya, FIBA menilai bahwa edisi FIBA Asia Cup 2022 kali ini merupakan penyelenggaraan Piala Asia terbaik yang pernah dirasakan.

Hal ini diungkapkan oleh Erick Thohir selaku Menteri BUMN sekaligus FIBA Board Member yang membantu kesuksesan penyelenggaraan.

"Saya tadi juga mendapatkan apreasiasi luar biasa dari seluruh FIBA disampaikan kepada Pak Menpora, kepada Ketua Perbasi, ini adalah penyelenggaraan kejuaraan FIBA Asia Cup terbaik yang pernah mereka rasakan,” ucap Erick Thorir, dilansir dari laman IBL Indonesia.

Selain itu, Erick Thohir mengatakan bahwa FIBA juga yakin bahwa Indonesia bisa mempersiapkan Piala Dunia tahun depan dengan baik.