NBA: Phoenix Suns Resmi Diakuisisi oleh Konglomerat Amerika Serikat

Jumat, 23 Desember 2022 13:29 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters/Isaiah J. Downing
Devin Booker (Phoenix Suns) dilanggar oleh JaMychal Green (Denver Nuggets) di Laga NBA, Jumat (25/03/22). Foto: Reuters/Isaiah J. Downing Copyright: © Reuters/Isaiah J. Downing
Devin Booker (Phoenix Suns) dilanggar oleh JaMychal Green (Denver Nuggets) di Laga NBA, Jumat (25/03/22). Foto: Reuters/Isaiah J. Downing

INDOSPORT.COM - Konglomerat Amerika Serikat, Mat Ishbia berhasil mengakuisisi tim NBA, Phoenix Suns dengan harga fantastis dari tangan Robert Sarver senilai 4 miliar dollar (Rp62 triliun).

Akuisisi ini membuat Phoenix Suns berada di peringkat pertama untuk rekor penjualan klub olahraga sepanjang masa dan disusul oleh klub sepak bola asal Inggris, Chelsea, yang diakuisisi konsorsium Todd Boehly sekitar 3,8 miliar dolar (Rp59 triliun).

Sedangkan untuk klub NBA, akuisisi ini merupakan yang paling mahal dan menggeser Brooklyn Nets yang diakuisisi oleh Joe Tsai pada 2019 seharga 3,3 miliar dolar (Rp51 triliun).

Akuisisi Mat Ishbia ini sendiri baru akan selesai beberapa minggu ke depan. Ia sendiri memiliki kekayaan sekitar 5,1 milliar dolar (Rp79 triliun).

Mat Ishbia sendiri juga tercatat sebagai CEO dari United Wholeslae Mortgage, perusahan pinjaman hipotek dan juga  sempat berada di jajaran 50 orang terkaya di Amreika Serikat.

Ishbia tidak sendiri dalam upayanya mengakuisisi Phoenix Suns. Saudaranya, Justin Ishbia, juga turut menyuntikan dana dalam investasi besar ini.

Ishbia sendiri bukanlah pemain baru di ranah basket. Ia diketahui pernah bermain untuk Michigan State University di bawah arahan pelatih Tom Izzo dan berhasil menjuarai liga basket nasional di tahun 2000.

“Saya sangat bersemangat untuk menjadi pemilik baru dari Phoenix Suns dan Mercury (klub WNBA),” komentar Isihiba dilansir dari CBC.

“Dua klub ini memiliki pendukung yang luar biasa, saya sudah merasakan gemuruh mereka saat menonton Suns dalam beberapa bulan terakhir,” Ishbia menambahkan.

“Basket sudah merupakan bagian dari diri saya, sejak masih pelajar saya sudah bermain basket dibawah asuhan Pelatih Izzo dan berhasil menjuarai liga nasional Bersama Michigan State University."

"Saya sendiri sudah membangun perusahaan yang bergerak dibidang hipotek dan berhasil membawa perusahaan ini menjadi perusahaan hipotek nomor satu di Amerika dan saya yakin bisa membawa Phoenix Suns berada di level ini,” ucap Ishbia mengutarakan ambisinya.

“Ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan, keluarga saya sangat menyukai basket dan ini akan menjadi langkah awal bagi saya dan Justin untuk memajukan bisnis ini dan bekerja sama dalam bidang basket,” tambah Ishbia.