Cetak Sejarah! Pemain Timnas Basket Indonesia Resmi Gabung Klub Jepang

Sabtu, 11 Februari 2023 13:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Veltex Shizuoka Official
Pemain basket Timnas Indonesia, Abraham Damar gabung klub Jepang, Veltex Shizuoka. (Foto: Veltex Shizuoka Official) Copyright: © Veltex Shizuoka Official
Pemain basket Timnas Indonesia, Abraham Damar gabung klub Jepang, Veltex Shizuoka. (Foto: Veltex Shizuoka Official)

INDOSPORT.COM - Pemain basket Indonesia yakni Abraham Damar resmi bergabung dengan klub asal Jepang, Veltex Shizuoka. Ia mendapatkan kontrak untuk musim 2022-2023.

Informasi tersebut disampaikan lewat akun media sosial resmi klub, Veltex Shizuoka. Klub ini menyebut telah melakukan proses penandatangan kontrak dengan pemain langganan Timnas Basket Indonesia, Abraham Damar pada Jumat (10/02/23).

"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Veltex Shizuoka telah melakukan tanda tangan kerja sama dengan #4 Abraham Damar Grahita untuk musim 2022-23," demikian bunyi pernyataan klub.

Informasi tersebut juga dibenarkan oleh Gabriel Budi selaku agen Abraham. Atlet 27 tahun itu jadi orang Indonesia pertama (non naturalisasi) yang berkarir di luar negeri.

"Doakan kami sukses karena membawa nama Indonesia di kompetisi luar negeri. Abraham jadi pemain basket asli Indonesia pertama di luar negeri sepanjang sejarah," kata Gabriel Budi.

Abraham sebelumnya bermain untuk klub Indonesia Basketball League (IBL) Prawira Bandung. Dia mengucapkan terima kasih kepada klub dan PP Perbasi yang mendukung penuh karirnya.

"Kami selalu berterimakasih kepada semua pihak basket Indonesia dan FIBA selaku asosiasi basket tertinggi," tutur Gabriel Budi.

Veltex Shizuoka musim ini berkompetisi di League B3 atau kasta ketiga liga basket Jepang. Dia diharapkan jadi pembuka jalan bagi atlet basket Indonesia lainnya ke luar negeri.

Abraham Damar diharapkan mendapat banyak ilmu di Jepang, yang bisa diaplikasikan ke basket Indonesia saat pulang ke Tanah Air.