Red Bull Basketball Championship 2023 Dimulai dari Semarang, 16 SMA Berebut Tiket Nasional!

Sabtu, 18 Februari 2023 20:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman/INDOSPORT
Turnamen bola basket antarpelajar SMA bertajuk Red Bull Basketball Championship 2023 seri Jawa Tengah dimulai dari GOR Sahabat, Semarang, Sabtu (18/2/23). Copyright: © Nofik Lukman/INDOSPORT
Turnamen bola basket antarpelajar SMA bertajuk Red Bull Basketball Championship 2023 seri Jawa Tengah dimulai dari GOR Sahabat, Semarang, Sabtu (18/2/23).

INDOSPORT.COM - Turnamen bola basket antarpelajar SMA bertajuk Red Bull Basketball Championship 2023 seri Jawa Tengah dimulai dari GOR Sahabat, Semarang, Sabtu (18/2/23). Ada 16 SMA yang berebut satu tiket menuju pertarungan nasional.

Total ada sepuluh kota besar yang akan disambangi Red Bull Basketball Championship 2023. Jumlah ini bertambah dari tahun sebelumnya hanya enam kota saja.

Salah satu daerah yang dipilih penyelenggara sebagai tuan rumah yang baru pada edisi kedua ini adalah Jawa Tengah. Lebih bahagia lagi, Jawa Tengah, tepatnya kota Semarang, dipilih sebagai pembuka perjalanan Red Bull Basketball Championship 2023.

Total ada 16 SMA yang mengikuti ajang ini. Pesertanya adalah SMAN 1 Kendal, SMA Semesta Semarang, SMA Tritunggal, SMAN 1 Godong, SMA Nusa Putera, SMAN 6 Semarang.

Lalu, ada SMA IT Bina Amal, SMAN 11 Semarang, SMKN 7 Semarang, SMAN 9 Semarang, SMAN 4 Masehi, SMAN 4 Semarang, SMA Krista Mitra, SMAN 14 Semarang, SMA Theresiana dan SMK PL Tarcisius.

Dalam sambutannya, Perwakilan PT. Asia Health Energi Beverage, Sigit Hindoroseto, mengatakan pihaknya senang bisa menggelar event ini di wilayah Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang.

"Kota Semarang merupakan yang pertama. Pada tahun ini kita akan menjalani event ini di sepuluh provinsi," kata Sigit Hindoroseto, Sabtu (18/2/23).

Lebih lanjut, Sigit menjelaskan, Red Bull Basketball Championship kembali diputar pada tahun ini sebagai upaya untuk ikut memajukan olahraga nasional, salah satunya dari cabang olahraga basket.

Ketika bakat setiap atlet muda bisa terus diasah, maka mereka punya kesempatan untuk menjadi atlet yang berlaga di event nasional hingga internasional.

"Tim yang berada di posisi paling atas akan berangkat satu tim ke babak grand final di Jakarta pada bulan Juni nanti," tutur Sigit.

Dalam pembukaan Red Bull Basketball Championship 2023 seri Semarang, hadir pula sosok Xaverius Wiwid Cahyono. 
Xaverius Wiwid merupakan pelatih yang sukses mengantarkan tim putri Jawa Tengah meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 dan 2016. 

Wiwid menyambut gembira keputusan penyelenggara Red Bull Basketball Championship 2023 menambah seri tahun ini dari mulanya enam menjadi sepuluh kota di sepuluh provinsi. 

"Di Semarang, turnamen bola basket digelar cukup rutin. Namun yang membedakan, Red Bull punya kegiatan di sepuluh kota. Makanya, ini menjadi kesemapatan para pebasket muda untuk melangkah ke jenjang nasional," tutur Wiwid.

Bila bicara persaingan, Binpres Perbasi Jawa Tengah ini melihat SMAN 11 Semarang punya kans menjadi juara, setelah mengalahkan SMA IT Bina Amal.

Namun, langkah pada babak 8 besar tidak mudah. SMAN 11 Semarang akan bertemu SMA Tritunggal yang sukses menyingkirkan SMAN 1 Godong.

"Mungkin yang menjadi kandidat juara adalah pemenang pertandingan SMAN 11 Semarang melawan SMA Tritunggal," ucap Wiwid.

Sementara itu, pelatih SMAN 11 Semarang, Dudy Setiawan, gembira ketika timnya mendapat undangan untuk mengikuti ajang Red Bull Basketball Championship 2023.

"Kami sudah menyiapkan diri setelah diundang ke kejuaraan ini. Hasil kekalahan dari event sebelumnya, kami menyiapkan diri agar siap menghadapi tim manapun yang menjadi lawan kami," tutur Dudy.

Soal perjuangan dengan SMA Tritunggal yang banyak disebut sebagai final kepagian, Dudy hanya memastikan para pemain akan berusaha menampilkan performa terbaik.

"Di bagan kiri, yang berat jelas Tritunggal dan Nusaputera. Di bagan kanan ada Masehi sama Theresiana. Kami akan berusaha menampilkan yang terbaik," pungkas Dudy.